nusabali

Jelang Imlek, Umat Pasang 150 Lampion di Vihara Dharmayana Kuta

  • www.nusabali.com-jelang-imlek-umat-pasang-150-lampion-di-vihara-dharmayana-kuta

Menjelang Hari Raya Imlek 2571 yang jatuh pada 25 Januari mendatang, serangkaian kegiatan mulai dilakukan oleh keluarga besar Tionghoa di Banjar Dharma Semadi, Kecamatan Kuta, Badung.

MANGUPURA, NusaBali

Berbagai kegiatan seperti bersih-bersih dan pemasangan lampion di area Vihara Dharmayana yang terletak di Jalan Blambangan, Kuta sudah dilakukan sejak Sabtu (18/1).

Salah satu pengurus Vihara Dharmayana, I Made Suarsa Wijaya, 66, menerangkan, kegiatan menjelang hari Raya Imlek ini diawali dengan pembersihan rupang atau arca dan pembersihan di dalam lingkungan Vihara. Pembersihan yang dilakukan oleh umat tersebut mulai pada Sabtu (18/1) dan dilanjutkan pada Minggu (19/1). Selain pembersihan, kegiatan lain adalah pemasangan ratusan lampion di dalam dan sekitar vihara. Dalam catatannya, ada sekitar 150 lampion dari berbagai ukuran yang dipasang.

“Kalau kegiatan pembersihan mulai kemarin (Sabtu) dan dilanjutkan hari ini (Minggu kemarin). Kalau kemarin (Sabtu) pembersihan rupang atau arca dan lainnya. Hari ini (Minggu) kami rampungkan pemasangan lampion," ungkapnya saat ditemui Minggu sore kemarin.

Diterangkannya, kegiatan bersih-bersih dan pemasangan lampion ini dilakukan bertepatan dengan tanggal 24 bulan 12 Lunar. Sehingga, seluruh umat bahu membahu melakukan bersih-bersih dan pemasangan pernak pernik Imlek. Namun, sebelum pembersihan itu, terlebih dahulu dilakukan persembahyangan. Sementara, pada 24 Januari mendatang, atau sehari sebelum perayaan Imlek, akan dilakukan pawai barongsai yang dilakukan mulai dari vihara melintasi Jalan Blambangan dan melewati Jalan Raya Kuta dan kembali lagi ke area vihara. “Kalau untuk pawai barongsai itu melibatkan satu liong dan 4 barong,” imbuhnya.

Selain di area vihara, pemasangan lampion ini dilakukan di lingkungan rumah warga keturunan Tionghoa yang ada di Banjar Dharma Semadi, Kecamatan Kuta. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap menyambut hari raya. “Kalau untuk kali ini sama seperti tahun lalu juga. Ya, mulai dari pembersihan itu, pemasangan lampion, kemudian pawai barongsai sehari sebelum hari raya. Barulah pada puncaknya datang ke vihara, berdoa,” tuturnya seraya berharap agar kegiatan itu berjalan lancar dan aman. *dar

loading...

Komentar