nusabali

Kecamatan Buleleng Kembangkan Aplikasi Surat Menyurat

Tingkatkan Layanan Publik

  • www.nusabali.com-kecamatan-buleleng-kembangkan-aplikasi-surat-menyurat

Dalam rangka membangun pengembangan sistem informasi pelayanan publik desa dan kelurahan se-Kecamatan Buleleng, Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Kecamatan  Buleleng menyiapkan
aplikasi pelayanan publik  desa dan kelurahan.

SINGARAJA, NusaBali
Camat Buleleng Gede Dody Sukma Oktiva Askara mengatakan, aplikasi ini akan di-launchung pada bulan Maret mendatang, bertepatan HUT Kota Singaraja. Penggunaan aplikasi yang sekarang masih tahap uji coba, dimaksudkan  untuk mengimbangi perkembangan teknologi di era revolusi industri 4.0 khususnya dalam akses informasi dalam pelayanan public. :Hal ini juga untuk memudahkan masyarakat menghemat waktu dalam pengurusan surat-surat yang diperlukan warganya di desa dan kelurahan se-Kecamatan Buleleng,” kata Dody.

Menurutnya, dalam tahap awal pengunaan aplikasi itu masih di wilayah Kecamatan  Buleleng dulu, karena terkait dengan jangkauan akses internet yang tidak ada blankspot. Nantinya, ungkap Camat Dody,  pihaknya akan melakukan koordinasi lebih lanjut terkait validasi data, regulasi-regulasi, sysnkronisasi data dan pemakaian subdomain Pemkab Buleleng bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Kominfosandi, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Olahraga, Dinas Pengendalian Penduduk KB PPA, Inspektur Daerah, Dinas Sosial dan Perbekel serta Lurah.

”Koordinasi dimaksud untuk sinergitas data dan regulasi dari aplikasi ini khususnya tandatangan elektronik agar ada sertifikat tanda tangan elektonik dari Badan Syber dan Sandi Negara atau BSSN Pusat,” ujarnya.

Lebih lanjut Camat Dody menjelaskan model aplikasi ini berbiaya relatif murah.  Untuk ini pihak pemerintah berlangganan setiap bulan Rp 200.000 kepada pihak penyedia aplikasi, persis sama dengan aplikasi online lainnya seperti ojek online. ”Untuk nama aplikasi yang bisa diakses di smartphone akan kita tentukan nanti, kita akan intensifkan dulu regulasi, data based dan tatatan teknisnya dengan instansi terkait,” jelasnya.

Sebelumnya untuk persiapan launching apliakasi ini, pada Kamis (16/1) lalu, digelar rapat bersama instansi terkait  yang di dampingi penyedia aplikasi Nyoman Pastia di Gedung Unit IV Kantor Bupati Buleleng. Dengan adanya inovasi ini bisa mempermudah layanan kepada masyarakat, efisiensi, efektivitas waktu dan biaya.”Masyarakat tinggal akses dengan smartphone, bisa mengatur waktu kapan mengambil surat yang diperlukan, tentunya masyarakat harus mau belajar menggunakan aplikasi, “ tutup Camat Dody.*

Komentar