nusabali

Bali Satya Madani Fokus Sejahterakan Anggota

Selenggarakan RAT Ketiga

  • www.nusabali.com-bali-satya-madani-fokus-sejahterakan-anggota

Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Bali Satya Mandani (BSM) menggelar Rapat Anggota Tahun (RAT) ketiga sekaligus pemaparan rencana kerja dan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja tahun 2020 di Hotel Vasini, Kesiman, Denpasar, Minggu (12/1).

DENPASAR, NusaBali
Sekaligus KSP BSM bagikan Sisa Hasil Usaha (SHU) sebagai hasil dari perkembangan koperasi yang cukup baik setelah tiga tahun terbentuk. KSP BSM semakin bertekad untuk menyejahterahkan anggotanya.

Kegiatan ini dihadiri ratusan anggota dan jajaran pengurus KSP BSM. Ketua KSP BSM, Cok Istri Mirah mengatakan, sebagai koperasi yang tergolong masih muda, KSP BSM memilih untuk fokus mewujudkan visi misi koperasi yakni menyejahterakan anggotanya dengan etika dan kasih sayang. Meski BSM terbilang koperasi baru, namun dia membeberkan dalam tahun ketiga telah menunjukkan perkembangan yang signifikan. Misalnya saja dari sisi jumlah anggota, hingga saat ini anggota KSP BSM berjumlah 275 orang. Selain itu, Sisa Hasil Usaha (SHU) yang sudah dibentuk sejak awal juga dibagikan kemarin.

Karena itu, RAT sebagai kewajiban setiap tahunnya bagi sebuah koperasi diharapkan bisa memberikan evaluasi, masukan, serta saran yang membangun untuk kemajuan KSP BSM sendiri. Selain itu, melalui RAT juga diharapkan masyarakat semakin paham bahwa koperasi memberi banyak manfaat dan tidak menutup kemungkinan bisa menambah pundi penghasilan. “Jadi ini merupakan RAT kami yang ketiga. BSM sejak awal berdiri memang mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Baik dari jumlah anggota serta pembentukan dan pembagian SHU yang akan dibagikan hari ini (kemarin, red). Koperasi ini kami jadikan wadah untuk inovasi dan pembelajaran,” ujarnya.

Dikatakan, beberapa program KSP BSM yang sudah berjalan yakni partisipasi simpan dan pinjaman yang selama ini sudah memiliki sistem dengan baik. Sebagai upaya pengembangan ke depan, rencananya KSP BSM akan meluncurkan program ‘Semua Dapat Hadiah (SDH)’, di mana anggota yang ingin melakukan pinjaman justru bisa mendapat hadiah.  “Jadi meminjam langsung dapat hadiah. Kita harapkan banyak dari anggota kita yang bisa ikut dalam program ini. Pesertanya minimal 100 orang,” jelasnya.

Anggota KSP BSM yang juga mantan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Bali, I Gede Indra Dewa Putra mengamati kinerja KSP BSM selama tiga tahun terakhir menunjukkan pertumbuhan positif, baik jumlah anggota, modal dan pemberian dan kesehatan pinjaman. Menurutnya, itu menandakan komitmen anggota yang turut aktif membesarkan KSP BSM.

Indra meyakini dukungan kuat dari anggota yang kebanyakan merupakan pelaku UMKM memberikan kontribusi positif bagi perkembangan KSP BSM. Menurutnya, produk pinjaman dan simpanan yang diluncurkan KSP BSM dirasa cukup bisa bersaing dengan pelaku usaha lainnya. “Kami memiliki keyakinan bahwa koperasi ini akan berkembang menjadi besar, dengan catatan dapat merawat solidaritas, loyalitas dan komunikasi dengan anggota,” tandasnya.*ind

Komentar