nusabali

Peduli Lingkungan, Polres Gianyar Tanam Pohon

  • www.nusabali.com-peduli-lingkungan-polres-gianyar-tanam-pohon

Libatkan Turis Asing dan Anak-anak

GIANYAR, NusaBali

Polres Gianyar melakukan penanaman pohon di Mapolsek Tampaksiring, Gianyar, Jumat (10/1) kemarin. Penanaman ini melibatkan turis asing dan kalangan anak-anak. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gianyar pun sangat mengapresiasi kegiatan penghijauan tersebut.

Kegiatan diawali dengan Lomba Menanam Pohon dalam polibag oleh anak TK Bhayangkari dan pelajar setempat. Belasan turis asing yang mahasiswa asal California, Amerika  ikut menanam pohon di lokasi setempat. Hadir, Forkompinda Gianyar. Penanaman pohon dilaksanakan serangkaian Polri peduli Lingkungan.

Kapolres Gianyar AKBP I Dewa Made Adnyana dalam sambutan yang dibacakan Wakapolres Gianyar Kompol Adnan Pandibu mengatakan, penanaman pohon dilakukan serentak secara nasional sebagai tindak lanjut program Polri Peduli Lingkungan. Langkah yang ditempuh lewat penghijauan di lingkungan Mapolres, Mapolsek, Asrama serta lingkungan sekitar. Diharapkan, pohon-pohon yang kini ditanam bisa tumbuh di kemudian hari sebagai salah satu upaya mencegah bencana banjir. "Polri selain sebagai pengayom dan pelindung masyarakat, juga berkewajiban melakukan kegiatan sosial," jelasnya.

Terkait keterlibatan anak-anak, jelas Kapolres, sebagai wahana edukasi sejak dini tentang pentingnya menciptakan lingkungan asri. Anak-anak juga penting diedukasi terkait pelestarian alam semesta. "Agar semangat mencintai lingkungan, tertanam sejak usia dini," imbuhnya.  

Ditambahkan, jenis pohon yang ditanam sekitar ratusan bibit. Terdiri dari jenis bunga dan buah-buahan. "Sesuai arahan, pohon yang ditanam adalah yang bermanfaat di kemudian hari. Seperti buah-buahan yang bisa dipanen," jelasnya.

Penanaman pohon ini melibatkan seluruh personel Polri dan ASN Polres Gianyar, Forkompimda Kabupaten Gianyar, Bhayangkari Polres Gianyar, Persit Chandra Kirana Kodim 1616/Gianyar, perbekel dan bendesa se-Tampaksiring, perwakilan siswa SMAN 1 Tampaksiring, SMPN 1 Tampaksiring SDN 1 Tampaksiring dan TK Bhayangkari Cabang 4 Gianyar.

Dihubungi terpisah, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gianyar I Wayan Kujus Pawitra sangat mengapresiasi kegiatan penghijauan tersebut. Menurutnya, kegiatan ini sangat layak jadi contoh bagi instansi lain baik instansi pemerintah, BUMN/BUMD, maupun swasta. ‘’Kami bangga dengan aksi penghijauan dari jajaran Polres ini. Akan tambah bagus jika penghijauan ini juga dilakukan di luar markas kepolisian,’’ jelasnya.

Kujus Pawitra menambahkan, penghijauan merupakan salah satu wujud investasi lingkungan bersifat jangka panjang. Karena hasil dari penghijauan ini tak mesti langsung dinikmati secara instan, melainkan di masa mendatang. ‘’Penghijauan tak hanya menghasilkan oksigen untuk kehidupan, tentu juga bernilai ekonomis karena ada hasil berupa buah atau bunga, dan lainnya,’’ jelas Sekretaris DPRD Gianyar ini.*nvi

Komentar