nusabali

Bupati Suwirta Motivasi ASN dan Pegawai Kontrak

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-motivasi-asn-dan-pegawai-kontrak

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta  me motivasi para ASN dan pegawai kontrak di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, Semarapura, Senin (6/1).

SEMARAPURA, NusaBali

Kegiatan ini sebagai penyegaran bagi seluruh pegawai supaya bekerja lebih optimal di tahun 2020. Dalam kesempatan itu, Bupati Suwirta meminta para pegawai supaya menanamkan dan meningkatkan rasa memiliki Kabupaten Klungkung, meskipun ada yang bukan dari Klungkung. Rasa memiliki dan mencintai terhadap Klungkung harus dimiliki setiap hari dan di saat libur sekalipun. "Karena jika hal ini tidak dilakukan, maka tugas dan kewajiban selaku ASN maupun tenaga kontrak tidak akan dilakukan dengan baik dan benar," ujar Bupati Suwirta.

Dia mengingatkan untuk menciptakan tim kerja yang baik dalam menyelesaikan setiap persoalan. Terkait adanya beberapa postingan miring di media sosial tentang Klungkung, Bupati Suwirta mengingatkan supaya semua ASN memliki kepekaan tinggi. Antara lain, turut serta menjawab setiap tudingan miring dengan data dan fakta, serta menunjukan hasil kerja Pemkab selama ini.

Kepada masing masing kepala seksi (Kasi) semua OPD, diingatkan supaya wajib membuat minimal satu buah program inovasi. Selambat lambatnya pada Maret 2020, program inovasi sudah dipaparkan ke hadapan Bupati. "Kepada pencipta inovasi terbaik akan diberikan reward/penghargaan," ujarnya.

Mengenai perjalanan dinas tahun 2019 telah terjadi penghematan hampir Rp 10 miliar. Belanja pegawai yang saat ini dibawah 40 persem bukan berarti pengeluarannya juga turun. Namun berkat PAD tahun 2019 mencapai Rp 220 miliar. Untuk meningkatkan PAD lagi maka harus dimulai dari titik ungkit yaitu Nusa Penida. Bupati juga ingatkan tidak ada kecemburuan dan politis terkait kebijakan ini. Mengenai Perda dan Pergub supaya dilaksanakan akan dengan baik. Berdasarkan survei dari Universitas Udayana, kepatuhan terhadap Perda tentang pengurangan pemakaian rokok di Klungkung masih di bawah 80 persen. Hal ini menandakan masih terdapat perokok yang merokok di sembarang tempat. Untuk itu tahun  2020 Tim KTR (kawasan tanpa rokok) supaya memantau dan menegakkan Perda. Mengingat Klungkung sudah diakui sebagai KTR terbaik bahkan hingga ke tingkat Asia.

Bupati Suwirta juga melarang penggunaan air minum kemasan plastik . Namun diganti dengan galon dan tidak menggunakan gelas plastik. "Karena ancaman dari sampah plastik sudah sangat berbahaya bagi lingkungan," ujarnya. *wan

Komentar