nusabali

KESEHATAN: Rasa dan Manfaat Unik Buah Naga

  • www.nusabali.com-kesehatan-rasa-dan-manfaat-unik-buah-naga

Bentuk dan rasa buah naga memang unik. Dikenal juga dengan nama buah kaktus.

Ya, buah naga memang berasal dari keluarga kaktus, dengan tampilan kulit yang terlihat runcing dan seperti sisik. Di balik rasanya yang lezat, buah naga rupanya memiliki banyak manfaat kesehatan, karena kaya kandungan nutrisi. Buah naga mengandung riboflavin yang dapat membantu menjaga kesehatan mata, mencegah migrain, hingga menjaga kesehatan kulit dan rambut.


Tak hanya itu, kandungan magnesium dalam buah naga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, kesehatan jantung, dan menjaga kebugaran tubuh. Selain itu, masih ada empat manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh:
1.    Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Buah naga kaya akan flavonoid dan antioksidan yang dapat membunuh radikal berbahaya dan membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Buah naga juga merupakan sumber vitamin C yang jauh lebih baik daripada wortel. Selain itu, kandungan vitamin B, kalsium, fosfor, niasin, dan serat dalam buah naga secara kolektif berkontribusi pada peningkatan fungsi kekebalan tubuh.

2.    Membantu menurunkan risiko diabetes. Buah naga adalah sumber kaya serat, yang membantu menjaga kadar gula darah normal. Selain itu juga mampu mengurangi stres oksidatif yang dianggap sebagai salah satu akar penyebab resistensi insulin pada diabetes tipe 2. Satu studi menemukan, tikus yang obesitas ketika diberi makan buah naga, risiko diabetesnya menurun.

3.    Meningkatkan fungsi jantung. Sebuah studi khusus yang dilakukan pada hewan yang dilakukan dalam Journal of Pharmacognosy Research menemukan, konsumsi buah naga membantu mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Biji hitam yang ada di dalam buah juga memiliki asam lemak omega yang cukup untuk mengurangi trigliserida dan meningkatkan fungsi kardiovaskular.

4.    Membantu mencegah kanker. Menurut beberapa penelitian, buah naga adalah sumber kaya kandungan Lycopene, yang memiliki kemampuan untuk menurunkan risiko kanker prostat dan ovarium. Selain itu, radikal bebas juga dapat terbunuh oleh jumlah antioksidan yang banyak dalam buah ini, sehingga membantu mencegah kanker.

Selain buah mangga, jeruk, atau apel, saat ini kita sering melihat buah naga di tukang buah. Selain cocok menjadi campuran es buah, buah bersisik tebal berwarna merah menyala ini juga enak dimakan langsung. Di daerah tropis dan subtropis seperti di Amerika Selatan dan Asia, buah naga berkembang dan tumbuh berlimpah. Sesuai namanya, kulit luar buah naga itu mirip kaktus, bersisik menyerupai kulit naga pada mitos.

Dianggap sebagai tanaman kaktus, warnanya yang hijau muda dan kemerahan menunjukkan buah itu penuh dengan nutrisi, sementara daging putih krem yang terlihat dengan biji hitamnya memberi banyak kekayaan dan sifat alami. Buah naga ini mengandung sekitar 60 kalori dan kaya akan vitamin C, B1, B2 dan B3, dan mineral seperti zat besi, kalsium, dan fosfor. Dan itu belum semuanya.
Berikut lima manfaat konsumsi buah naga secara rutin seperti dilansir kompas.com:
1. Lebih baik daripada camilan manis. Buah naga memiliki jumlah kolesterol sangat rendah dan bisa diasup cukup sering sebagai pengganti camilan manis. Buah ini juga membantu mempertahankan berat badan dan lebih sehat bagi gigi karena kandungan gulanya rendah.

2. Jantung menjadi lebih sehat. Buah ini memiliki kemampuan menurunkan kadar kolesterol jahat dan menambah kadar kolesterol yang baik. Buah naga merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal dan dapat membantu jantung tetap dalam kondisi prima.

3. Membersihkan pencernaan. Untuk membersihkan sistem pencernaan, makan buah naga adalah salah satu cara efektif. Buah ini memiliki kandungan serat tinggi, komponen yang dibutuhkan pencernaan. Mengonsumsi daging dan biji-bijinya, yang mengandung protein, akan menjaga tubuh tetap sehat.

4. Antioksidan aktif. Untuk membersihkan tubuh dari radikal bebas dan zat penyebab kanker, perlu mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Sumber antioksidan terbaik adalah buah-buahan dan sayur, dan buah naga memiliki antioksidan cukup tinggi. 5. Melawan diabetes. Jumlah serat yang tinggi pada buah naga dapat melawan diabetes, karena dapat menstabilkan kadar gula darah dengan menekan lonjakan glukosa setelah makan. Namun, selalu konsultasikan dengan dokter untuk memastikan ini adalah makanan yang baik untuk Anda.

6. Mengurangi tanda penuaan. Mengonsumsi buah naga dengan antioksidannya yang kaya bisa menjaga kulit tetap kencang dan muda. Bisa membuat masker wajah dengan menggunakan buah ini dikombinasikan dengan madu sebagai alternatif alami untuk masker anti penuaan.

7. Merawat rambut diwarnai. Rambut yang dicat membutuhkan perawatan khusus agar warnanya tidak gampang pudar. Ternyata jus buah naga bisa dimanfaatkan untuk merawat rambut diwarnai. Usapkan jus buah naga di kulit kepala beberapa kali dalam seminggu. Selain melindungi warna rambut, zat-zat dalam buah naga juga membuat folikel rambut tetap terbuka sehingga rambut bisa bernapas. Rambut juga akan lebih lembut.

8. Menekan radang sendi. Arthritis atau radang sendi secara langsung mempengaruhi sendi dan menyebabkan nyeri dan kesulitan bergerak. Buah naga juga memiliki zat anti-inflamasi yang bisa mengurangi keparahan nyeri arthritis.

9. Menghindari jerawat. Buah naga kaya vitamin C. Buah ini menjadi salep topikal yang hebat. Potonglah sebuah buah naga lalu oleskan ke daerah yang memerah pada wajah atau kulit, kemudian bilas dengan air. Untuk hasil terbaik, gunakan dua kali sehari.

10. Menyembuhkan kulit yang terbakar sinar matahari. Kombinasi buah naga dengan jus mentimun dan madu, membantu menenangkan kulit yang terbakar matahari. Vitamin B3 pada buah naga bisa melembabkan kulit yang terbakar matahari dan melepaskan panas dari daerah yang terkena. *

loading...

Komentar