nusabali

56 Pejabat Ikuti Tes Kompetensi

Tahapan Tes Lelang Jabatan Eselon IIb di Badung

  • www.nusabali.com-56-pejabat-ikuti-tes-kompetensi

Terkait hasil dari tes yang dilakukan, nilainya akan dirangkum untuk diambil tiga besar pada masing-masing kursi eselon IIb.

MANGUPURA, NusaBali
Lelang jabatan eselon IIb di Lingkungan Pemkab Badung telah memasuki tahap tes kompetensi. Dalam penyelengggaraan tes kompetensi, Panitia Seleksi (Pansel) Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (eselon IIb) bekerjasama dengan Polda Bali.

Proses lelang jabatan eselon IIb sendiri memang ada perubahan. Semula tes kompetensi dijadwalkan pada 6-7 Januari 2020, dilanjutkan dengan pembuatan makalah, presentasi dan wawancara pada 8-9 Januari 2020. Sedangkan penelusuran rekam jejak akan dilakukan pada 10-11 Januari 2020. Namun, jadwal itu kemudian diubah.

Pihak pansel akhirnya melangsungkan tes kompetensi pada, Sabtu (4/1). Pelaksanaan tes kompetensi menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) tersebut diselenggarakan di SMPN 1 Kuta Utara

Anggota Pansel Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon IIb) Kabupaten Badung, I Gede Wijaya, mengakui adanya perubahan jadwal dalam lelang jabatan eselon IIb di Lingkungan Pemkab Badung.  “Iya, hari ini (kemarin) lelang jabatan eselon IIb sudah masuk tahap tes kompetensi,” ujarnya.

Menurut dia, perubahan jadwal ini sudah disosialisasikan sebelumnya. Dengan demikian, katanya, tidak ada masalah bagi para peserta yang mengikuti tes kompetensi. Adapun jumlah peserta tes kompetensi sebanyak 56 orang. Mengingat jadwal sudah berubah, sehingga sehari setelah pelaksanaan tes kompetensi langsung dilakukan ke tahap berikutnya, yakni pembuatan makalah, presentasi, wawancara, dan penelusuran rekam jejak pada, Minggu (5/1) hari ini.

Terkait hasil dari tes yang dilakukan, nilainya akan dirangkum untuk diambil tiga besar pada masing-masing kursi eselon IIb. “Jadi, dirangkum semua nilainya dan diajukan tiga besar kepada Bapak Bupati,” terang birokrat asal Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara ini.

“Untuk keputusan final siapa yang akan dipilih, Bapak Bupati yang punya kewenangan. Tugas kita hanya membantu Bapak Bupati saja,” tandas Wijaya. Seperti diketahui, total  ada 56 pelamar yang mengajukan berkas pendaftaran Sekretariat Panitia Seleksi (Pansel) di Kantor Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Badung. Pengumuman resmi hasil seleksi administrasi melalui website di Dinas BKPSDM. Berdasarkan Pengumuman No : 800/16/PANSEL-JPT/2020, ada dua kursi eselon IIb yang paling banyak diincar, yakni kursi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan. Dua kursi ini masing-masing diperebutkan oleh tujuh orang pejabat.

Untuk posisi yang dominan diincar berikutnya ada kursi Kepala Dinas Perikanan. Totalnya ada enam pelamar. Untuk kursi Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, kursi Kepala Dinas Kebudayaan, kursi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, kursi Kepala Dinas Kesehatan, masing-masing diperebutkan oleh lima orang.

Berikutnya untuk kursi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ada empat orang yang mendaftar, kursi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa juga empat orang, kursi Sekretaris DPRD Badung juga empat orang, dan Kursi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika juga empat orang. *asa

Komentar