nusabali

NasDem Usung Tokoh Puri Anom Tabanan

  • www.nusabali.com-nasdem-usung-tokoh-puri-anom-tabanan

Keputusan NasDem usung Turah Panji sudah diambil dalam rapat akhir tahun pengurus DPD dan DPC pada 30 Desember 2019 lalu.

TABANAN, NusaBali

Partai NasDem Tabanan nyatakan akan mengusung Tokoh Puri Anom Tabanan, yaitu AA Ngurah Panji Astika maju di Pilkada Tabanan 2020 mendatang. NasDem yang belum bisa usung calon secara mandiri di Pilkada nanti akan membawa nama AA Ngurah Panji Astika ke koalisi yang akan mereka bentuk. Saat ini NasDem tengah menjajaki koalisi dengan Partai Golkar.

Sekretaris DPD NasDem Tabanan yang juga Ketua Panitia Penjaringan dan Verifikasi Cabup-Cawabup Tabanan dari Partai NasDem, I Made Putrayadi, mengatakan NasDem Tabanan resmi pilih AA Ngurah Panji Astika alias Turah Panji untuk diusung di Pilkada Tabanan 2020 nanti. Keputusan soal ini sudah diambil dalam rapat akhir tahun pengurus DPD dan DPC pada 30 Desember 2019 lalu. “Ini berdasarkan rapat tanggal 30 Desember,” ujar Putrayadi, Rabu (1/1).

Diterangkan, alasan riil usung AA Ngurah Panji Astika lantaran dia merupakan calon pertama yang paling komplit dalam pemberkasan. NasDem sendiri sudah membuka penjaringan sejak Oktober 2019 lalu. “Sudah komplit dan telah diplenokan,” kata Putrayadi.

Sementara itu Ketua DPD NasDem Tabanan, I Wayan Sarjana, juga menegaskan NasDem telah resmi usung AA Ngurah Panji Astika sebagai Calon Bupati Tabanan dalam rapat tanggal 30 Desember 2020. “Sudah diplenokan NasDem usung AA Ngurah Panji. Saat itu juga dihadiri pihak DPW NasDem Bali dan UKK,” tegas Sarjana.

Diakui, NasDem usung AA Ngurah Panji Astika karena sudah melihat dari latar belakang yang bersangkutan. Selain itu dari beberapa pengurus kecamatan juga sudah sepakat dukung AA Ngurah Panji menjadi calon Bupati Tabanan.

“Beliau (Ngurah Panji) dari Golkar juga sudah berkomunikasi dukung beliau. Kita juga sudah komunikasi dengan kawan-kawan Golkar meskipun baru secara lisan untuk koalisi,” tegas Sarjana. AA Ngurah Panji Astika adalah tokoh dari Puri Anom Tabanan. Dia dikenal sebagai pengusaha. Dia sendiri memiliki perusahaan pembuatan mesin pengolahan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

Bahkan perusahaannya ini memiliki cabang hingga di luar Bali, seperti Jakarta, Sumatera, dan Jawa Barat. Ngurah Panji juga selama ini membentuk forum untuk generasi muda yang dinamakan Forum Pelestari Budaya Tabanan (FPBT) dengan tujuan membuatkan panggung anak muda untuk berkreasi seni budaya.

Dikonfirmasi terpisah, AA Ngurah Panji Astika membenarkan dirinya mendapat dukungan dari Partai NasDem untuk maju di Pilkada 2020. “Ya jadi mereka (NasDem) buat rapat pleno memutuskan tiyang diusung,” ujarnya. Diterangkan untuk keinginan maju Pilkada 2020 sudah yakin 100 persen. “Ya mudah-mudahan setelah dari NasDem, saya juga sudah lakukan lobi-lobi ke Partai Golkar. Mudah-mudahan tidak ada halangan Golkar memberikan rekomendasinya juga ke saya,” kata Turah Panji.

Dia mengaku alasan dasar untuk ikut tarung di Pilkada 2020 ini pertama sebagai warga Tabanan harus mempunyai tanggung jawab untuk memajukan daerah. Kedua dia juga perlu ruang mengabdi untuk masyarakat salah satunya melalui ruang di politik. “Pengabdian bisa banyak, sosial, budaya. Ya saya juga ingin mengabdi di politik, syukur-syukur kalau bisa memberikan pengabdian yang komprehensif untuk Tabanan. Selama ini saya juga sudah mengabdi di bidang sosial, budaya, agama, dan untuk di bidang politik belum,” katanya. *des

Komentar