nusabali

Polair Bantu Penumpang Sakit Naik Boat

  • www.nusabali.com-polair-bantu-penumpang-sakit-naik-boat

Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Polres Klungkung dibawah komando Iptu Gede Yasa dan personel mengamankan situasi di Pelabuhan Tradisional Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, Minggu (29/12) pagi.

SEMARAPURA, NusaBali

Aparat ini juga membantu penumpang sakit saat akan menaiki boat menuju Kecamatan Nusa penida, Klungkung.

“Kami juga memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan membantu masyarakat saat turun dan naik dari kapal, apa yang kami lakukan ini merupakan suatu bentuk pelayanan kepolisian terhadap masyarakat serta terciptanya rasa aman dan nyaman,” jelas KBO Satpolair Polres Klungkung, Iptu Gede Yasa, Senin (30/12).

Sementara itu, Pemkab Klungkung akan menyiapkan Ambulance Laut dengan paparan studi kelayakan sudah dilakukan, Senin (16/12). Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta  mengatakan Ambulance Laut ini sangat dibutuhkan oleh masyrakat Nusa Penida. Bupati Suwirta berharap ambulance ini bisa mengurangi kasus emergency rujukan pasien, serta mengurangi angka kematian. "Pelaksanaan pengadaan Ambulance Laut harus sesuai dengan perencanaan, saya berharap tahun 2021 sudah mulai beroprasi," ujar Bupati asal Nusa Ceningan, Nusa Penida ini.

Petugas dari Center For Publik Helath Innovation dr Aryani mengatakan Nusa Penida adalah wilayah kepulauan tidak terdapat alat transportasi Iain yang dengan spesifikasi khusus untuk membawa orang sakit. Dari studi kelayakan dilapangan dari segi pasar, memang sangat dibutuhkan ambulans laut dan dari pasar pariwisata juga sangat diperlukan. "Terdapat boat publik yang disediakan pihak swasta namun tidak dapat beroperasi 24 jam Biaya carter Boat umum untuk rujukan emergency sangat mahal," ujar Aryani.*wan

Komentar