nusabali

Musea Bali App dan Stiker Augmented Reality Diperkenalkan di Denfest

  • www.nusabali.com-musea-bali-app-dan-stiker-augmented-reality-diperkenalkan-di-denfest

Denpasar Festival 2019 menjadi arena unjuk kreativitas dunia digital yang menjadi daya tarik kaum milenial

DENPASAR, NusaBali.com
Komunitas Caritra Bestari Bali, dengan unit usaha Digital Lontar Nusantara, secara resmi memperkenalkan aplikasi terbarunya , yakni Musea Bali App, di hari pertama Denpasar Festival (Denfest) 2019, Sabtu (28/12/2019). Aplikasi ini merupakan aplikasi yang menerapkan sistem one island one management untuk akses wisata budaya dan sejarah Bali. Aplikasi ini juga merupakan wadah untuk menggabungkan produk-produk yang sejauh ini telah dikembangkan oleh komunitas Caritra Bestari Bali dengan beragam unit usahanya. 

Sebagai wadah dari produk usaha Caritra Bestari Bali ini, Musea Bali App memiliki delapan fitur, yakni, Museum, Beli Tiket, Story Teller, Pokdarwis, Souvenir, Quiz, Virtual Reality, dan Augmented Reality. “Di aplikasi ini, justru Pokdarwis yang menjadi fitur yang saat ini paling penting, karena di fitur ini sudah terdapat sepuluh desa wisata di Tabanan yang sudah tercover. Untuk fitur informasi museumnya sendiri sudah berjalan, namun untuk sistem e-ticketingnya  baru akan bisa melayani terhitung 1 Januari 2020 nanti,” ujar Founder dan CEO Caritra Bestari Bali, I Wayan Lovayana. 


Aplikasi ini juga memiliki fitur yang tak kalah penting, yaitu Augmented Reality. Augmented Realitysendiri merupakan teknologi yang merupakan kebalikan dari Virtual Reality. “Kalau di VR, itu cocoknya saat kita belajar sejarah, karena dengan belajar melalui buku, kita kesulitan membayangkan visual. Kita seolah masuk menjadi pemeran utama. Kalau Augmented Reality itu, kita membuat dunia digital muncul dalam permukaan,” lanjut Lovayana. 


Fitur Augmented Reality (AR) ini diperkenalkan langsung oleh I Wayan Lovayana dan Brand Ambassador Caritra Bestari Bali, yakni Bulan Yuriana Sutena. Caranya, yaitu dengan memilih model AR yang tersedia di dalam aplikasi Musea Bali, dan buka di fitur InstaStory milik Instagram. Voila! Di layar kamera, akan muncul AR yang pengguna pilih tadi. 


Stiker AR ini tersedia dalam berbagai macam bentuk model tempat wisata dan binatang. Salah satu yang paling populer, yakni stiker AR dengan bentuk burung phoenix. Dengan stiker ini, pengguna bisa memeragakan berbagai macam pose seolah sedang menggenggam burung tersebut, bahkan menerbangkannya menyesuaikan dengan gerak tangan pengguna.*yl

Komentar