nusabali

PKS SMAN 1 Amlapura Dibekali PKKP

  • www.nusabali.com-pks-sman-1-amlapura-dibekali-pkkp

Kepala Satuan Lalulintas (Kasat Lantas) Polres Karangasem, Ida Ayu Kalpika Sari berikan pelatihan kepemimpinan kedisiplinan patrol keamanan sekolah (PKKP) di SMAN 1 Amlapura, Jumat (27/12).

AMLAPURA, NusaBali

Pembekalan selama tiga hari ini diberikan kepada anggota Patroli Keamanan Sekolah (PKS). Kasat Lantas juga melantik anggota PKS SMAN 1 Amlapura yang diketuai Ida Ayu Wayan Zeiya Emilia Avani.

Kepala SMAN 1 Amlapura, Wayan Sugiana mengatakan, PKKP bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada pengurus PKS sebelum bertugas. PKKP menyangkut tertib berlalulintas, cara mengatur lalulintas di lingkungan sekolah, menyeberangkan siswa saat datang ke sekolah dan meninggalkan sekolah. Di samping membantu polisi menyelenggarakan pengaturan lalulintas, membantu memelihara keamanan dan ketertiban di lingkungan sekolah. Juga mencegah terjadi kasus kecelakaan lalulintas terutama untuk pejalan kaki yang hendak menyeberang menuju ke sekolah. “Anggota PKS selalu mengingatkan siswa menggunakan helm SNI saat mengendarai motor. Melengkapi diri dengan STNK, SIM, dan tidak melanggar rambu-rambu lalulintas,” kata Wayan Sugiana.

Anggota PKS wajib mengenal seluruh rambu-rambu lalulintas, terutama rambu larangan parkir, larangan berhenti, jika itu dilanggar menyebabkan arus lalulintas di jalan terganggu. Sebab, penempatan rambu-rambu lalulintas telah sesuai dengan hasil rekayasa lalulintas. Wakasek Kesiswaan SMAN 1 Amlapura I Dewa Sutarta juga mengatakan, setiap anggota PKS wajib datang ke sekolah sebelum siswa dan siswi lainnya tiba di sekolah. “Kan tugasnya menyeberangkan siswa menuju ke sekolah, makanya anggota PKS lebih awal tiba di sekolah,” katanya.

Pentingnya membentuk lembaga PKS untuk menguatkan pendidikan karakter, disiplin, dan budi pekerti siswa. Sebab siswa yang patuh terhadap rambu-rambu lalulintas, berarti telah menghayati dan mengamalkan amanat undang-undang lalulintas, sebagai awal menanamkan keamanan berlalulintas di dalam diri. Hal itu bisa ditularkan ke seluruh siswa yang menjadi warga sekolah. Ketua PKS, Ida Ayu Wayan Zeiya Emilia Avani mengaku sangat antusias menghayati dan mengamalkan ketentuan berlalulintas dengan baik dan benar. *k16

Komentar