nusabali

Weekend Produktif, Dosen STIKI Ajak Anak Kurang Mampu Pasar Badung untuk Bermain dan Belajar

  • www.nusabali.com-weekend-produktif-dosen-stiki-ajak-anak-kurang-mampu-pasar-badung-untuk-bermain-dan-belajar

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) AKSI STIKI PEDULI 2019 telah dilaksanakan oleh Tim Dosen STMIK STIKOM Indonesia bersama mitra PKM Yayasan Lentera Anak Bali Denpasar.

Denpasar, NusaBali
Kegiatan PKM ini diinisiasi oleh Sri Widiastutik, S.S., M.Hum (selaku ketua Tim), bersama I Ketut Setiawan, S.Pd., M.Sn. dan Komang Trisnadewi, S.S., M.Hum (sebagai anggota tim) dengan dibantu 11 orang Tim Mahasiswa STIKI dari berbagai angkatan.  Adapun judul kegiatan ini adalah “PKM Yayasan Lentera Anak Bali Di Desa Dangin Puri, Kec. Denpasar Timur, Denpasar sebagai Penggiat Literasi Bagi Peningkatan Kualitas SDM Anak-anak Jalanan”yang telah dilakukan sejak bulan September lalu hingga saat ini, tepatnya Jumat (27/9) hingga Selasa (17/12).

Bersama mitra Yayasan Lentera Anak Bali yang diketuai oleh ibu Dr.dr.A.A. Sri Wahyuni, SpKJ. ini, didampingi oleh tim pengurus yang mendampingi kegiatan di sanggar belajar, bernama ibu Ni Nyoman Sukardi (Bu Komang) dan I Nyoman Agus Budiarta (Pak Agus), diikuti oleh anak-anak berusia mulai 4 tahun hingga 12 tahun. Pada mulanya, jumlah keseluruhan peserta kegiatan PKM ini adalah 32 orang yang terdata dalam daftar anggota yayasan ini, selang 1 bulan kegiatan PKM berlangsung bertambah 2 orang baru bergabung dalam kegiatan ini. Peserta PKM terdiri dari anak-anak yang masih bersekolah namun kurang mampu secara ekonomi, sebagian merupakan anak-anak yang putus sekolah, dan sisanya anak yang tidak pernah mengenyam bangku sekolah.

Hingga saat ini proses belajar telah berlangsung selama 3 bulan dan dilakukan pada jam-jam tertentu disesuaikan dengan kegiatan belajar anak-anak di sanggar belajar YLAB pada Hari Sabtu dan Minggu. Sanggar belajar YLAB ini  berukuran 3x4 meter, berlokasi di Lantai 1, Pasar Badung, jalan Gajah Mada - Denpasar. Ruangan ini merupakan bantuan dari Walikota Denpasar sebagai sarana belajar bagi anak-anak jalanan sejak diresmikannya bangunan pasar Badung pada tahun 2015. Kegiatan belajar diisi dengan materi Bahasa Inggris beginner. Seringkali, tim mengarahkan anak-anak keluar ruangan jika kegiatan belajar bersifat playground supaya mereka leluasa bergerak dan membutuhkan ruangan yang lebih luas. Tim mahasiswa yang sebagian besar tergabung dalam UKM ECSI (Unit Kegiatan Mahasiswa English Club STIKI) membantu mengisi materi dan menjadi pendamping selama proses pembelajaran, berupa learning alphabet, name of 7 Days, 12 months, numbers yang dikemas dalam video pembelajaran lagu-lagu Bahasa Inggris,  dengan song lyrics, story, spelling, pronouncation sederhana, expressing, guessing picture. Selain itu, diselingi dengan body movement yaitu gerakan-gerakan memperagakan dan mengexpresikan mimik wajah sesuai dengan clue berbahasa Inggris yang mereka dengar, seperti jump, stand up, sit down, clap hand, turn around, laying down, dan lain-lain sesuai gambar yang didesain sebelumnya oleh tim PKM.

Terdapat tantangan dalam melaksanakan PKM ini, seperti mengubah pola pikir mereka. Saat ditanya tentang kegiatan yang mereka sukai, anak-anak yang rata-rata sudah bekerja menjadi tukang su’un seringkali menjawab bahwa belajar itu tidak perlu karena mereka sudah mendapatkan uang. Apalagi beberapa orang tua mereka yang tidak pernah bersekolah. Kondisi ini diperlukan strategi bagi tim PKM khususnya tim dosen mendesain model pembelajaran semenarik mungkin, dengan cara penyampaian yang praktis dibantu tim mahasiswa dalam mengembangkan penyampaian materi secara lisan selama proses belajar berlangsung, digunakan juga media video interaktif membuat mereka aktif menjawab penyampaian dalam belajar numbers, alphabets, days, months, sehingga kegiatan belajar tidak membosankan bagi anak-anak. Bahkan disediakan juga toys card dikemas dalam game dan snack (makanan ringan) sebagai reward bagi mereka yang bisa menjawab sehingga dapat menumbuhkan semangat belajar. “Tidak jarang anak-anak meminta snack dan menanyakan apakah nantinya mereka diberi snack jika mereka bisa menjawab” salah seorang tim pendamping dari mitra LAB, bu Komang. 

“Mereka yang awalnya masih malu-malu dengan orang baru, menjadi dekat setelah beberapa kali pertemuan. Bahkan, ketika perpisahan pun, mereka ingin tim PKM tetap mengajar karena mereka senang dan suka apalagi tim dosen dan mahasiswa yang mengajar sangat telaten, dengan cara yang fun, seringkali peragaan-peragaan dan ekspresi yang dicontohkan oleh tim PKM membuat anak-anak tertawa. Pihak mitra LAB khususnya para pengurus pun berterimakasih dan berharap agar dapat diadakan kembali kegiatan belajar Bahasa Inggris oleh Tim PKM STIKI, mengingat anak-anak sangat membutuhkan kegiatan belajar untuk mengasah skill dan kemampuan anak-anak jalanan khususnya berbicara dalam Bahasa Inggris, karena kegiatan untuk Bahasa Inggris secara kontinyu baru kali ini dilakukan dari STIKI, apalagi anak-anak sangat antusias dan tertarik dalam mengikuti kegiatan belajar” jelas Sri Widiastutik, S.S., M.Hum. yang akrab dipanggil Miss Wid.

Miss Wid juga mengatakan bahwa setelah melakukan kegiatan ini, terlalu sedikit yang dirinya dapat berikan. Oleh karena itu, ia berharap kita harus banyak belajar dari anak-anak jalanan, dari latar belakang pendidikan orangtua dan keluarga anak-anak yang tidak mampu, supaya kita bisa secara ikhlas menyadari bahwa mereka sangat membutuhkan bantuan kita terutama dalam pendidikannya. Saya mewakili tim PKM STIKI mengucapkan banyak terima kasih pada seluruh tim PKM, tim mahasiswa dan pengurus LAB terutama ibu Ni Nyoman Sukardi dan Bapak I Nyoman Agus Budiarta yang sangat sabar membimbing anak-anak jalanan. Terima kasih juga kepada pihak mitra, ketua YLAB Denpasar, ibu Dr.dr.A.A. Sri Wahyuni, SpKJ. atas program kepedulian terhadap anak-anak jalanan, program beasiswa sekolah bagi anak-anak jalan, serta dukungan atas terlaksananya kegiatan kerjasama dalam program PKM Aksi Stiki Peduli ini. 

Terima kasih juga pada para orang tua yang mempercayakan anak-anak nya belajar Bahasa Inggris bersama Tim PKM ini. Besar harapan kami, kegiatan PKM AKSI STIKI PEDULI 2019 ini dapat membuka kepedulian masyarakat luas untuk membantu dan melengkapi kebutuhan pendidikan anak-anak jalanan secara berkelanjutan, serta lebih memperhatikan fasilitas-fasilitas belajar yang mereka butuhkan menjadi lebih memadahi, sehingga anak-anak merasa nyaman dalam belajar. “Seperti kita tahu bahwa anak-anak adalah generasi bangsa yang sangat berperan dalam memajukan sumber daya manusia di tanah air kita tercinta ini, oleh karena itu tidaklah cukup jika kita hanya menunggu program pemerintah, namun kita harus membuka hati kita masing-masing untuk melihat langsung realita yang terjadi pada anak-anak jalanan. 

Bagi saudara-saudara terutama bagi masyarakat yang sudah mapan tingkat perekonomiannya, secara materiil ikhlaslah berbagi walaupun sedikit namun sangatlah besar manfaatnya dalam mendukung fasilitas dan sarana kebutuhan belajar bagi anak-anak jalanan di sekitar kita. Apalagi jika melihat pendidikan orang tua mereka ada yang tidak sampai tamat SD bahkan tidak pernah mengenyam bangku sekolah. Saya ingin dari pihak-pihak terkait untuk membuat kurikulum yang sederhana agar mereka bisa belajar, walaupun tidak melalui lembaga formal. Berupa kegiatan belajar yang fun seperti ini saja mereka sudah bisa belajar dan mengerti,” ungkap Miss Wid dengan penuh harap. *

Komentar