nusabali

Jembatan Jebol di Tukad Unda Mulai Diperbaiki

  • www.nusabali.com-jembatan-jebol-di-tukad-unda-mulai-diperbaiki

Jembatan di Tukad Unda yang ambrol pada Minggu, 14 Juni 2015, mulai diperbaiki.

AMLAPURA, NusaBali
Sementara ini proyek yang berlangsung adalah membongkar jembatan dan membuat pondasi di dua lokasi di bagian timur dan barat. Jembatan yang ambrol itu menghubungkan Desa Sidemen menuju Desa Sangkan Gunung, Kecamatan Sidemen, Karangasem.

Proyek jembatan di Banjar Klungah, Desa Sangkan Gunung, dimulai pada 24 Mei 2016, dengan membangun lubang pondasi. Di lokasi proyek ada alat berat untuk menggali lubang pondasi, juga ada empat genset untuk menyedot air yang masuk ke dalam lubang pondasi. Namun empat genset tersebut tidak kuat menyedot air sungai yang masuk ke lubang pondasi. Antara air yang disedot dengan air yang masuk ke lubang pondasi tidak sebanding.  “Kami berharap secepatnya jembatan itu selesai dikerjakan, agar akses jalan tidak bermasalah,” kata Bendesa Pakraman Desa Sanggem, Kecamatan Sidemen, Jro Mangku Arya Manten, Selasa (2/8).

Sekretaris Camat Sidemen I Komang Dunia juga berharap pembangunan jembatan yang merupakan satu-satunya akses masyarakat sedapat mungkin dipercepat penyelesaiannya. “Kasihan masyarakat di sini, telah 14 bulan, terganggu roda perekonomian desa, akibat jembatan  itu jebol,” harapnya.

Anggota DPRD dari Banjar Pakel, Desa Sangkan Gunung, Kecamatan Sidemen, I Kadek Sujanayasa berjanji mengontrol kelanjutan pembangunan jembatan itu. “Memang sesuai ketentuan kontrak, lamanya pengerjaan 210 hari, memang masih tersedia waktu cukup lama. Maksud saya jangan sampai pengerjaannya molor,” tambahnya.

Proyek itu, menurut Kadis PU Karangasem I Nyoman Sutirtayasa, pagu anggaran di APBD 2016 sebesar Rp 3,58 miliar. Setelah ditenderkan pemenangnya menawar Rp 3,43 miliar, melalui proses yang melibatkan 30 rekanan. “Sesuai ketentuan, lamanya pengerjaan jembatan itu 210 hari, mulai 24 Mei,” katanya.

Sehari-hari pengerjaan jembatan tersebut jadi tontonan masyarakat dan wisatawan manca negara yang melintas saat trekking keliling desa. Apalagi pihak rekanan menyediakan jembatan darurat dari kayu yang hanya bisa dilintasi pejalan kaki, juga disediakan jalur tanjakan berupa tangga kayu Jembatan itu jebol setelah dilintasi truk DK 9331 HD dikemudikan I Made Juli dari Desa Pupuan, Kecamatan Pupuan, Tabanan, yang memuat pasir dari arah barat Desa Sangkan Gunung menuju ke Desa Sidemen. * k16

Komentar