nusabali

Palawara Rilis Lima Lagu Anak Melalui Arkanara

  • www.nusabali.com-palawara-rilis-lima-lagu-anak-melalui-arkanara

Palawara menciptakan kembali lagu yang sesuai dengan anak-anak yang di era milenial ini tergeser dengan lagu-lagu yang dirasa kurang cocok bagi anak-anak.

DENPASAR, NusaBali.com
Bertepatan dengan momen Hari Ibu, Palawara Music Company merilis lima buah lagu anak-anak  melalui grup Arkanara, yakni pengembangan dari Palawara Music Company yang berfokus pada anak didik Palawara yang masih berusia belia. Lagu-lagu Arkanara yang dikemas dalam tema Adi Baskara ini merupakan project Palawara untuk menciptakan kembali lagu yang sesuai dengan anak-anak yang di zaman milenial ini tergeser dengan lagu-lagu yang dirasa kurang cocok bagi anak-anak. 

“Lagu anak-anak kan sekarang makin sedikit ya, dan tidak seperti era 90-an itu gencar lagu anak-anak dengan kekanak-kanakan, centilnya anak-anak diceritakan. Tapi kan sekarang sudah mulai, perubahan jaman kan kadang anak-anak menyanyikan lagu percintaan yang tidak sesuai dengan umur jadi kita berusaha untuk membuat sebuah lagu yang mungkin ada makna nasehatnya, ada petuahnya, mungkin itu memaknai alam, atau pesan orang tua, atau persahabatan,” ujar Wayan Ary Wijaya SSn, founder dari Palawara Music Company. 


Kelima judul lagu Arkanara yang dirilis di Gedung Natya Mandala, Kampus ISI Denpasar pada Minggu (22/12/2019) malam ini yakni Jagat Dewata, Kertha Selantang Yusa, Dirgayusa, Nulad Tresnan Ida Hyang Widhi, dan Paras Paros yang masing-masing dibawakan oleh anak didik Arkanara, yaitu I Gusti Ayu Riescha Rahardya Ishwara, Ni Kadek Pradnya Putri Utami, Ni Luh Putu Janita Satya Devi, Komang Lyra Winda Dharmapatni, dan Made Ayu Luna Archa Nareswary. 

Lagu-lagu ini merupakan album pertama Arkanara yang baru dibentuk pada tahun 2019 sebagai pengembangan dari Palawara Music Company. “Arkana itu dalam bahasa Sansekerta artinya sinar, kalau Ra itu artinya ya kami dari Palawara, anak-anak dari Palawara. Sebenarnya intinya yaitu anak-anak dari grup Palawara Music Company. Arkanara sendiri baru berdiri 2019 ini, dan ini merupakan album pertama mereka,” lanjut Ary Wijaya. 

Karena Arkanara sendiri merupakan tempat bagi anak-anak didik Palawara mengembangkan talentanya dalam seni musik dan tarik suara, maka lagu-lagu yang dirilis dalam acara ini bukan bertujuan untuk dikomersilkan. “Kalau untuk komersil sekarang terserah dari pihak orang tua mereka masing-masing. Sebenarnya arahnya pertama bukan untuk bisnis, lebih ke melatih disiplin anak dan talent anak itu sendiri. Ini adalah ajang belajar, gitu aja,” tuntas founder Palawara Music Company yang juga merupakan alumnus Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar ini.*yl

Komentar