nusabali

KESEHATAN: Jahe Membantu Membakar Kalori Tubuh

  • www.nusabali.com-kesehatan-jahe-membantu-membakar-kalori-tubuh

Punya target menurunkan berat badan, tapi menyepelekan apa yang mereka konsumsi.

Padahal, menerapkan pola makan sehat sangatlah penting, apalagi jika tidak terlalu aktif secara fisik dan sulit mengatur keseimbangan kerja dan kehidupan. Sekecil apapun kebiasaan akan memengaruhi pola hidup sehat secara keseluruhan. Minuman jahe, misalnya, mungkin terdengar sederhana, namun sebetulnya kaya manfaat.

Jahe adalah salah satu bahan dapur serbaguna. Memiliki sifat anti-peradangan membuat jahe tak hanya menenangkan dan menyehatkan, tetapi juga bisa membantu membakar kalori tubuh yang membandel. Jahe mengandung komponen yang dikenal dengan shogaol and gingerol. Dua komponen ini mampu menstimulasi aktivitas biologis ketika dikonsumsi. Kandungan antioksidan di dalam jahe dapat membantu memerangi radikal bebas dan mencegah peradangan. Kemudian, apa yang membuatnya efektif membantu penurunan berat badan?

1. Membuat kenyang lebih lama. Sebuah riset meneliti efek konsumsi minuman jahe hangat terhadap nafsu makan, tingkat kekenyangan dan faktor risiko metabolik pada sejumlah pria dengan berat badan berlebih. Riset menemukan jahe memiliki peran penting dalam manajemen berat badan karena bisa mengurangi rasa lapar dengan mengonsumsinya. Jahe juga bisa menjaga level gula darah tetap normal.

2. Memperlancar pencernaan. Sudah menjadi pengetahuan umum pencernaan yang sehat penting untuk menjaga berat badan sehat.

Minum jahe sesaat setelah bangun di pagi hari dapat membantu melancarkan metabolisme tubuh dan pencernaan. Rebuslah segelas air dan tambahkan setengah sendok teh jahe parut. Diamkan sekitar sepuluh menit kemudian gunakan saringan untuk menuangkan campuran tersebut ke dalam gelas. Jika tidak menyukai air jahe biasa, tambahkan sedikit lemon untuk penambah rasa sekaligus memberi manfaat kesehatan tambahan. Namun, jangan lupa untuk memperhatikan batas konsumsinya.

Menurut Pusat Medis University of Maryland, orang dewasa idealnya membatasi asupan jahe tidak lebih dari 4 gram setiap harinya, termasuk sebagai sumber makanan. Selain itu, tidak disarankan bagi anak-anak di bawah usia dua tahun untuk mengonsumsi jahe dan perempuan hamil tidak boleh mengonsumsi lebih dari 1 gram jahe per hari. *

Komentar