nusabali

Wagub Cok Ace Buka Belayu Festival II

  • www.nusabali.com-wagub-cok-ace-buka-belayu-festival-ii

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati alias Cok Ace, membuka Belayu Festival II di Wantilan Desa Adat Belayu, Desa Beringkit, Kecamatan Marga, Tabanan, Jumat (13/12).

TABANAN, NusaBali
Festival ini dibuka Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati alias Cok Ace, bersama Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya, di Wantilan Desa Adat Belayu, Desa Beringkit, Kecamatan Marga, Jumat (13/12).

Festival yang dikemas Tajuk Belayu ini digagas atas dasar semangat pemuda atau generasi milenial saat ini.

Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya, anggota anggota DPR RI I Made Urip, anggota DPD RI AA Gede Agung, anggota DPR Provinsi Bali I Ketut Purnaya, Ketua DPRD Tabanan I Made Dirga, beberapa anggota DPRD Tabanan, Dandim 1619 Tabanan Letkol Inf Toni Sri Hartanto, dan undangan lainnya.

Wakil Gubernur Bali Cok Ace mengucapkan selamat atas terlaksananya Belayu Festival II ke-2. Wagub mengaku  sangat kagum saat pertama kali masuk ke Desa Adat Belayu. "Pertama kali saya memasuki Belayu sangat luar biasa, tiyang (saya) sangat kagum," ujarnya.

Menurutnya, festival ini momentum yang baik untuk menunjukkan jati diri dan potensi Desa Adat Belayu yang sangat luar biasa. "Semoga Belayu Festival II ini menjadi lebih baik. Lakukan evaluasi untuk ke arah lebih baik," ujar Cok Ace.

Wabup Tabanan Sanjaya menambahkan, Pemkab Tabanan mengapresiasi warga Desa Adat Belayu khususnya para saba yowana yang bisa membuat acara spektakuler ini. Dia mengakui, dengan kehadiran masyarakat yang begitu banyak mencerminkan festival ini berjalan dengan sukses. "Banyak peserta yang hadir membuktikan acara sukses dan antusias penonton sangat baik untuk menyukseskan festival ini," tambahnya.

Anggota DPRD Tabanan Putu Eka Putra Nurcahyadi mengatakan penggagas festival ini adalah para yowana, sekaa teruna, masyarakat dan seluruh elemen desa. "Bukan saya yang menggagas acara ini melainkan yowana, sekaa teruna, masyarakat dan seluruh elemen Desa Belayu yang ingin meningkatkan dan mengembangkan potensi seni adat dan budaya yang dimiliki," ucapnya.

Kata dia, seiring dengan pembangunan fisik yang makin membaik, sudah saatnya Belayu memiliki arah yang jelas. ‘’Melalui acara ini kami ingin betu- betul bisa menunjukkan konsep pelestarian tradisi, seni adat, dan budaya. Semoga Belayu mempunyai identitas jelas," harapnya. *des.

Komentar