nusabali

ASDP Tutup Dermaga I Padangbai

  • www.nusabali.com-asdp-tutup-dermaga-i-padangbai

Sejumlah gelagar dermaga diganti, dilakukan pengelasan langsung di lokasi.

AMLAPURA, NusaBali

Dermaga I Pelabuhan Padangbai di Banjar Melanting, Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Karangasem mengalami kerusakan. Buat sementara, PT ASDP Indonesia Ferry Padangbai menutup aktivitas bongkar muat di Dermaga I. Petugas perbaiki 12 modul yang rusak karena keropos, Minggu (8/12). Imbas penutupan dermaga I, antrean kendaraan di Padangbai cukup padat.

Perbaikan dermaga I dipantau langsung Manager PT ASDP Indonesia Ferry Padangbai, Windra Soelistiawan. Manager PT ASDP Indonesia Ferry Padangbai mengeluarkan surat pemberitahuan terkait perbaikan dermaga I, Nomor TN.301/2/2/ASDP-PB/2019 per tanggal 4 Desember 2019. Dikatakan, kerusakan yang terjadi di bagian ramdor. Dermaga I paling sering rusak karena berhubungan langsung dengan laut pantai selatan, paling sering juga terjadi ombak pantai, menyebabkan ramdor kapal sering berbenturan dengan ramdor dermaga.

Dermaga I Pelabuhan Padangbai dibangun tahun 1994, dioperasikan mulai tahun 1997 dengan kekuatan maksimal 1.000 gross tonnage. Beda dengan Dermaga II yang dibangun tahun 2006 dioperasikan tahun 2010 dengan kapasitas maksimal 2.000 GT. “Ramdor dermaga I telah lama keropos, sekarang diperbaiki untuk persiapan arus mudik Natal dan Tahun Baru 2020,” jelas Windra Soelistiawan.

Menurutnya, beberapa bagian gelagar dermaga diganti, dilakukan pengelasan langsung di lokasi. “Target tuntas belum ditentukan, kami berusaha secepatnya agar tidak menimbulkan antrean panjang,” katanya. Selama pengerjaan perbaikan dermaga I, hanya mengoperasikan dermaga II. Dermaga II juga diperbaiki karena hidrolik rusak, Jumat (29/11) lalu. Mengoperasikan dermaga II melayani 32 kapal sehingga terjadi antrean kapal untuk bongkar muat.

Menurut Koordinator Satuan Pelayanan Pelabuhan Padangbai I Nyoman Agus Sugiarto, ada 40 kapal yang terdaftar, tetapi yang dioperasikan 32 kapal, selebihnya 6 kapal masuk dok, dan 2 kapal keluar dari lintasan. Tak hanya kapal yang antre menunggu bongkar muat, penumpang yang hendak menyeberang dari Pelabuhan Padangbai menuju Pelabuhan Lembar juga antre. Antrean truk-truk besar hingga ke luar areal Pelabuhan Padangbai.

Terpisah, Wakapolsek Kawasan Laut Padangbai Kompol I Gede Suparwata mengatakan, antrean terjadi mulai pukul 08.00 Wita, petugas melakukan penjagaan mengatur lalulintas ke luar masuk pelabuhan. “Agar truk tidak ambil sebagian badan jalan untuk parkir, sedangkan arus kendaraan yang keluar masuk pelabuhan diatur petugas agar tidak terjadi krodit di jalan,” katanya. *k16

Komentar