nusabali

Rp 8,4 Miliar untuk Tenaga Kebersihan di RSD Mangusada

  • www.nusabali.com-rp-84-miliar-untuk-tenaga-kebersihan-di-rsd-mangusada

Untuk menyiapkan tenaga kebersihan, Rumah Sakit Daerah (RSD) Mangusada, Kabupaten Badung mengalokasikan anggaran Rp 8,4 miliar selama setahun di 2020.

MANGUPURA, NusaBali

Lantaran tenaga kebersihan dipercayakan kepada pihak ketiga, maka pihak rumah sakit saat ini membuka tender terbuka di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten Badung. Tender dibuka sejak 2 Desember 2019 lalu, dan akan berakhir pada 12 Desember 2019 mendatang.

Tender sengaja dilakukan pada akhir 2019, supaya pada awal tahun 2020, pihak pemenang tender sudah bisa menyiapkan tenaga kebersihan di RSD Mangusada. Tidak saja petugas kebersihan yang wajib disiapkan oleh pemenang tender, melainkan juga peralatan yang dibutuhkan.

Dirut RSD Mangusada, Kabupaten Badung, dr Nyoman Gunarta, saat dikonfirmasi membenarkan jika tenaga kebersihaan di rumah sakit dipercayakan kepada pihak ketiga. “Iya, kami percayakan untuk kebersihan rumah sakit kepada pihak ketiga. Untuk jumlahnya sama dengan tahun 2019,” ujarnya.

“Kami belum merencanakan penambahan, karena gedung baru yang sekarang dalam proses pembangunan selesai pada Desember 2020. Jadi untuk penambahan, baru kami lakukan pada 2021,” kata dr Gunarta.

Mengenai berapa jumlah tenaga kebersihan saat ini, dia mengaku tak hafal. “Mengenai angka saya tidak hafal, yang jelas masih sama dengan tahun 2019,” tegasnya.

Sementara, Kepala Bidang Penunjang RSD Mangusada Kabupaten Badung dr Ketut Japa membenarkan tenaga kebersihan di rumah sakit dipercayakan kepada pihak ketiga. Saat ini sedang dilakukan proses tender di LPSE. Anggaran yang disiapkan sebesar Rp 8,4 miliar untuk jangka waktu setahun. “Jadi, nanti pemenang tender yang menyiapkan tenaga kebersihan, termasuk perlengkapan yang dibutuhkan,” kata dr Japa.

Berapa total tenaga kebersihan di RSD Mangusada? “Totalnya kalau tidak salah sebanyak 141 orang tenaga kebersihan termasuk untuk pengawasnya,” tandasnya.

Saat ini, imbuh dr Japa, proses tender masih berlangsung di LPSE Kabupaten Badung. Hingga sore kemarin sudah ada 6 rekanan yang menyatakan berminat atas tender tersebut. *asa

Komentar