nusabali

Kecelakaan Beruntun, Dua Truk Terguling

  • www.nusabali.com-kecelakaan-beruntun-dua-truk-terguling

Dua truk terguling, kemudian salah satu truk ditabrak pick up. Peristiwa tersebut terjadi di jalur Denpasar – Gilimanuk, sebelah timur GOR Kecamatan Melaya.

NEGARA, NusaBali

Kecelakaan beruntun melibatkan dua kendaraan truk dan sebuah pick up, terjadi di Jalan Umum Denpasar – Gilimanuk, Desa/Kecamatan Melaya, Jembrana, Sabtu (7/12) sore. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan beruntun tersebut. Namun dua truk, yakni truk dengan nomor polisi (nopol) P 8295 VI dan truk nopol EA 8313 EZ, yang pertama terlibat kecelakaan itu sama-sama berakhir terguling, kemudian salah satu truk tersebut ditabrak pick up nopol N 9697 NT.

Berdasar informasi, kecelakaan beruntun di jalur Denpasar – Gilimanuk kilometer 111-112, sebelah timur GOR Kecamatan Melaya itu terjadi sekitar pukul 14.30 Wita. Peristiwa ini bermula dari truk nopol P 8295 VI yang dikemudikan Hanafi, 60, asal Dusun Krajan, Desa Dadapan, Kecamatan Kabat, Banyuwangi, Jawa Timur, bergerak dari arah timur ke barat atau dari arah Denpasar menuju Gilimanuk.

Begitu mendekati TKP, pada situasi jalan simpang empat, garis marka utuh, truk nopol P 8295 VI yang melaju dengan kecepatan sedang, itu berusaha mengurangi kecepatan saat melihat iring-iringan kendaraan di depannya. Iring-iringan kendaraan tersebut terhenti karena ada pengguna jalan yang berusaha masuk jalur utama dari arah selatan. Namun saat berusaha ikut berhenti, rem diketahui tidak berfungsi, sehingga Hanafi berusaha membanting setir ke kanan, dan masuk arah jalur berlawanan.

Sialnya, ketika masuk arah jalur berlawanan itu, saat bersamaan dari arah berlawanan atau dari arah barat ke timur (Gilimanuk menuju Denpasar), melaju truk nopol EA 8313 EZ yang kemudikan Ahmadi, 22, asal Desa/Kecamatan Plampang, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB). Saat itu juga terjadi adu jangkrik antara truk nopol P 8295 VI dengan EA 8313 EZ, sebelum keduanya yang juga berusaha menghindar, akhirnya sama-sama terguling.

Truk nopol P 8295 VI terguling ke sisi utara jalan, dengan menimpa sebuah plang dan pagar bangunan palinggih milik warga. Sedangkan truk EA 8313 EZ, langsung terguling di tengah badan jalan, dan menyusul kembali dihantam pick up nopol N 9697 NT yang dikemudikan Solihin, 40, asal Desa Sumberpoh, Kecamatan Maron, Probolinggo, Jawa Timur, yang tengah bergerak dari arah Denpasar menuju Gilimanuk.

Kasat Lantas Polres Jembrana Iptu Shinta Ayu Pramesti, mengatakan tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan beruntun tersebut. Namun seorang penumpang di dalam truk nopol EA 8313 EZ, Abdul Haris, 40, asal Desa Usar, Kecamatan Plamangpang, Sumbawa, NTB, diketahui mengalami luka robek dan mengeluhkan sakit pada betis kirinya, sehingga sempat harus dilarikan ke Puskesmas Melaya. “Sopirnya semua selamat dalam keadaan sehat. Hanya ada satu penumpang luka, dan lukanya tergolong luka ringan,” ujarnya, Minggu (8/12).

Menurutnya, setelah menerima laporan kecelakaan beruntun, Sabtu sore itu, jajaran Lantas Polsek Melaya maupun Polres, langsung turun mengatur arus lalu lintas. Juga segera dipanggilkan jasa derek untuk mengevakuasi kedua truk yang terguling. *ode

Komentar