nusabali

Semua Direksi Garuda Diberhentikan

Anggota DPR desak ini momentum bersih-besih BUMN

  • www.nusabali.com-semua-direksi-garuda-diberhentikan

Dewan Komisaris Garuda Indonesia memutuskan untuk memberhentikan sementara waktu seluruh direksi yang terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung dalam penyelundupan Harley Davidson beberapa waktu lalu.

JAKARTA, NusaBali
"Akan memberhentikan sementara waktu semua anggota direksi yang terindikasi, terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam kasus dugaan penyelundupan Harley Davidson dan Sepeda Brompton dalam penerbangan Garuda Indonesia GA9721 jenis airbus A30900 Neo yang datang dari pabrik airbus Prancis," kata Dewan Komisaris Garuda Indonesia Sahala Lumban Gaol kepada awak media di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, seperti dilansir cnnindonesia, Sabtu (7/12).

Meski begitu, Sahal enggan membeberkan siapa saja direksi Garuda Indonesia yang dinonaktifkan sementara oleh Dewan Komisaris.

"Saya tadi sudah sampaikan anggota [Direksi Garuda Indonesia] yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung. Saya belum mau menyampaikan siapa saja," tegas Sahal.

Sementara itu, berbagai desakan disampaikan anggota DPR terkait kasus penyelundupan Harley-Davidson dan sepeda Brompton menggunakan pesawat Garuda A330-900. Insiden ini juga dianggap sebagai momentum untuk bersih-bersih BUMN.

Ketua Komisi VI DPR Faisol Riza menilai Menteri BUMN Erick Thohir perlu membentuk tim khusus untuk menelusuri dugaan pelanggaran lain yang dilakukan direksi PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Faisal menduga ada modus lain yang dilakukan Dirut Garuda Gustri Ngurah Askhara Danadiputra demi memuaskan kepentingan pribadinya.

"Kita menduga ini hanya satu dari sekian kali modus operandi ini berjalan. Sebaiknya Menteri BUMN membentuk tim investigasi agar hal yang sama dan terjadi sebelumnya ikut pula diperiksa," kata Faisol.

Desakan lain disampaikan anggota Komisi VI DPR Andre Rosiade. Ade meminta video viral yang menampilkan objek mobil--disebut-sebut Ferrari--merah di lambung salah satu pesawat Garuda turut diusut.

"Kita menonton ya video ini di berbagai media sosial dari kemarin atau 2 hari yang lalu ada Ferrari merah yang keluar dari Garuda. Dan saya rasa ini kan investigasi lagi terus berjalan ya, oleh pihak Garuda dan Bea-Cukai. Tidak salahnya video ini juga diinvestigasi oleh Bea Cukai dan pihak internal Garuda apakah Ferrari ini Ferrari siapa, apakah ada pelanggaran atau tidak," kata Andre.

Beberapa waktu lalu Ditjen Bea Cukai Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan menangkap basah upaya penyelundupan Harley Davidson dan Sepeda Brompton melalui pesawat Garuda yang baru didatangkan dari Prancis.

Setelah diselidiki, penyelundupan melibatkan Direktur Utama Garuda I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau Ari Askhara. Atas keterlibatan tersebut, Menteri BUMN Erick Thohir memutuskan untuk memecat Ari dari posisinya.

Erick mengatakan penyelundupan Harley melalui pesawat Garuda tersebut cukup sistemik dan terencana. "Itu kan ya sudah skenario lah. Itu kan wilayahnya Menteri Keuangan dan Dirjen," ujar Erick. 7

Komentar