nusabali

Ada Air Mancur Menari hingga Fasilitas Panggung Remaja

Taman Kota Jagathkarana Amlapura Diresmikan

  • www.nusabali.com-ada-air-mancur-menari-hingga-fasilitas-panggung-remaja

Taman Kota Jagathkarana, dipelaspas dan diresmikan Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri. Peresmian ditandai dengan melepas selubung kain patung barong.

AMLAPURA, NusaBali
Peresmian diawali upacara melaspas dipuput Ida Pedanda Istri Jelantik, dari Geria Subagan Kemenuh, Banjar Geria, Desa Adat Subagan, Kecamatan Karangasem, di Jalan Veteran Amlapura, Saniscara Umanis Watugunung, Sabtu (7/12), berlanjut peresmian dilakukan Bupati Mas Sumatri, didampingi Wakil Bupati I Wayan Artha Dipa, Penjabat Sekda I Gusti Gede Rinceg, Staf Ahli I Gede Adnya Muliadi, Kadisdikpora I Gusti Ngurah Kartika, dan undangan lainnya.

Taman Kota Jagathkarana dibangun dua tahap, tahap pertama tahun 2018 berbiaya Rp 1,93 miliar dan tahap II tahun 2019 berbiaya Rp 1,92 miliar. Taman Kota Jagathkarana itu terdiri dari fasilitas patung panca dewata, patung dewi, air mancur menari, taman bermain anak-anak, fasilitas untuk lansia, dan disabilitas, toilet disabilitas, jalan setapak, jalan miring pengganti tangga, patung Karangasem the Spirit of Bali, patung barong, taman lansia, taman remaja fitness, skateboard, dan panggung remaja. 

Konsep taman yang dibangun, merupakan kombinasi konsep sport, rekreasi, dan edukasi, dilengkapi wifi 24 jam, serta dipasang CCTV, sehingga aktivitas 24 jam terekam CCTV. "Makanya siapa pengunjung yang merusak taman, fasilitas anak-anak justru digunakan kalangan orang tua, contohnya, tempat ayunan anak-anak digunakan orang dewasa akan terekam CCTV," kata Bupati Mas Sumatri.


Taman Kota dibangun untuk tempat rekreasi keluarga, sebaiknya digunakan sesuai ketentuan yang telah dipasang. Ada larangan, agar mainan anak-anak tidak digunakan kalangan orang dewasa, tidak boleh buang sampah sembarangan, telah disediakan tong sampah, dan sebagainya.

"Mari pelihara Taman Kota Jagathkarana, agar bisa dimanfaatkan seluruh warga Karangasem," tambahnya.

Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Disdikpora Karangasem, I Wayan Putu Susila, mengatakan untuk menjaga kebersihan dan mengoptimalkan seluruh fasilitas Taman Kota Jagathkarana yang telah dibangun, telah menempatkan dua petugas jaga. 

"Saya sudah menugaskan dua petugas jaga, melakukan kontrol, agar menjaga seluruh fasilitas yang ada digunakan pengunjung dengan baik. Misalnya kursi tempat duduk-duduk, agar pengunjung tidak duduk di bagian samping atas, khawatir kursi bisa patah," katanya. 7 k16

Komentar