nusabali

Kuliner Daging Bebek Dipasok dari Jawa

  • www.nusabali.com-kuliner-daging-bebek-dipasok-dari-jawa

Bali harus mendatangkan bebek untuk kebutuhan hotel, restoran dan katering (horeka) serta produk pangan lain berbahan baku bebek.

DENPASAR, NusaBali

Hal tersebut dilakukan karena produksi bebek di Bali  tidak mampu memenuhi kebutuhan industri horeka di Bali. Hanya saja belum jelas berapa total kebutuhan daging bebek. Namun demikian dalam sebulan diyakini sampai puluhan ribu ekor.

Indikasi tersebut diiyakan kalangan praktisi kuliner berbahan baku daging bebek. “Kalau di tempat kami sampai 4.000 ekor bebek dalam sebulan,” ujar Ida Bagus Udiana, Restoran Bebek Timbungan di Jalan Sunset Road, Kuta Badung. Sebagian besar kebutuhan daging bebek itu didatangkan dari Jawa, dalam bentuk daging yang sudah lengkap legalitasnya.

Kebutuhan bebek yang tinggi tersebut, kata IB Udiana jelas merupakan peluang bagi peternak lokal. Namun produksinya belum maksimal, sehingga sebagian kebutuhan bebek didatangkan dari Jawa. Terpisah Kabid Peternakan  dan Kesehatan Hewan Verteriner Dinas Peternakan Bali Ni Made Sukerni, menyatakan  kebutuhan bebek didatangkan dari Jawa dalam bentuk daging beku untuk horeka. Dia  menyatakan sampai saat pemasukan bebek hidup tetap dilarang ke Bali. *k17

Komentar