nusabali

Siswa Semangat Sambut Piodalan Saraswati

  • www.nusabali.com-siswa-semangat-sambut-piodalan-saraswati

Guru dan siswa di Karangasem sibuk persiapkan sarana upakara piodalan Saraswati yang jatuh setiap 210 hari sekali pada Saniscara Umanis Watugunung.

AMLAPURA, NusaBali

Guru dan siswi khusuk buat canang dan menata banten. Sementara para siswa membuat penjor dan pasang wastra. Ada pula yang latihan tari dan tabuh untuk pementasan tari Rejang Dewa.

Kasek SMKN Amlapura, I Wayan Artana melibatkan 1.120 siswa untuk sukseskan perayaan Saraswati, Sabtu (7/12) hari ini. Para siswa ada yang dapat tugas majejahitan, matanding banten, menghias penjor, pasang tenda, ngebat, latihan tari Rejang Dewa, dan latihan menabuh. Begitu juga Kasek SMPN 1 Amlapura, I Komang Suweca telah melakukan persiapan melibatkan 885 siswa. “Tiap kelas matanding banten untuk persembahan di Hari Saraswati,” katanya, Jumat (6/12).

Kasek SMK Widya Wisata Graha Amlapura Ni Nyoman Supadmi berharap para siswa yang menuntut ilmu, setelah tamat diterima sebagai pekerja di dunia pariwisata. “Selama ini tamatan SMK WWG banyak diterima sebagai pekerja kapal pesiar. Kami khusus mendidik siswa di program keahlian akomodasi perhotelan,” ungkapnya. Ketua Yayasan SMK WWG I Putu Eka Pariawan berharap Ida Sang Hyang Aji Saraswati anugerahkan karahayuan kepada seluruh siswa dan guru sehingga proses belajar mengajar lancar. *k16

Komentar