nusabali

Aqua-Danone Dukung Inovasi Pengelolaan Plastik di Bali

  • www.nusabali.com-aqua-danone-dukung-inovasi-pengelolaan-plastik-di-bali

Aqua menjadi satu-satunya brand di Indonesia yang menggunakan plastik daur ulang di semua botolnya.

MANGUPURA, NusaBali.com
Malam penghargaan Bali’s Best Eats yang diselenggarakan pada Kamis (5/12/2019) di The Ritz Carlton, Nusa Dua Bali, turut menggaet merek air minum kemasan Aqua sebagai salah satu partner penyelenggara. Dalam acara ini, Corine Tap, President Director PT. Tirta Investama (Danone-Aqua) memperkenalkan kampanye ‘Live Your Finest Reflections’, sebuah gerakan dari Aqua Reflections yang mengajak masyarakat luas untuk memberikan yang terbaik dalam hidup sebagai gaya hidup sehari-hari. Melalui wadah ini, Aqua Reflections juga mengambil langkah-langkah untuk mengapresiasi tokoh inspirasional Indonesia dalam bidang mode busana, gaya hidup, seni, dan industri kuliner.

Sebagai suatu merek minuman kemasan yang menggunakan botol plastik, Aqua kini mendukung program pemerintah, utamanya di Bali terhadap permasalahan plastik yang kini menjadi topik di berbagai forum lingkungan. “Aqua telah berada di Indonesia sejak lama dan berkomitmen untuk mengurangi penggunaan plastik. Di Bali, sebenarnya tahun lalu kami telah membuat komitmen dengan publik ‘Plastic Pledge’ dan memulai gerakan Bijak Berplastik dan mengajak semua orang berkolaborasi dengan kami untuk mendukung pemerintah memecahkan tantangan plastik ini. Sebenarnya kami pun sudah membuat kemajuan dengan tiga desa yang kami ajak berupa pengumpulan, pendidikan, dan inovasi,” ujar Corine Tap. 

Melalui kampanye tersebut, kemajuan yang dilakukan oleh Aqua berupa berhasilnya Aqua untuk mengumpulkan botol plastik bekas dibanding dengan jumlah produksi botol baru. “Kami punya dua unit daur ulang dalam sepuluh tahun terakhir bersama Aqua. Kami mengumpulkan botol-botol ini dan memastikan botol tersebut menjadi serpihan lagi yang menjadi botol Aqua lagi. Jadi Aqua merupakan satu-satunya brand di Indonesia yang menggunakan plastik daur ulang di semua botolnya. Dan juga untuk pendidikan di Bali kami telah memiliki unit yang berkeliling mengikutsertakan berbagai komunitas membicarakan tentang manajemen limbah yang lebih baik dan bagaimana memisahkan botol plastic dari sampah lainnya,” lanjut Corine.

Tak hanya dukungan melalui kampanye yang dilakukan bersama masyarakat, Aqua juga telah bekerjasama dengan pemerintah untuk mengimplementasikan modul pembelajaran mengenai pengelolaan sampah di setiap sekolah dasar. Dan yang terakhir, Aqua juga telah berinovasi untuk kemasan produknya melalui Aqua Life, yaitu kemasan terbaru Aqua yang menggunakan botol kaca daripada plastik. 

“Kami memiliki komitmen kuat untuk membuat semua kemasan kami 100% circular, compostable, reusable, recyclable. Dan sebagai hasilnya, tahun lalu kami merilis botol Aqua Life yang pertama, yang merupakan botol pertama air kemasan di Indonesia yang menggunakan 100% plastic daur ulang dan tahun depan kami sangat senang untuk mengumumkan bahwa kami memiliki botol yang biasa kami gunakan di sini, yaitu botol kaca yang bisa dikembalikan, memulai  comebacknya pertama di Bali dan itu akan menjadi inovasi yang sebenarnya untuk mengurangi limbah plastic. Tapi untuk saat ini, semua botol kami menggunakan 100% plastic daur ulang, dan sebagian besar botol yang di daur ulang ada pada kemasan galon,” tuntas President Director PT Tirta Investama (Danone-Aqua) ini.*yl

loading...

Komentar