nusabali

Desa Taro Calon Tuan Rumah Jambore Nasional Pokdarwis 2020

  • www.nusabali.com-desa-taro-calon-tuan-rumah-jambore-nasional-pokdarwis-2020

Tahun 2020, Kabupaten Gianyar bakal menggelar beberapa event berskala nasional dan internasional.

GIANYAR, NusaBali
Salah satunya, Jambore Nasional Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Indonesia yang dipastikan menjadi magnet pariwisata. Desa Taro, Kecamatan Tegallalang, Gianyar, digadang-gadang menjadi tuan rumah jambore tersebut.

Deklarator Pokdarwis disebut sudah meninjau lokasi, terkait kelayakan sebagai penyelenggara. Hal itu disampaikan Ketua Pokdarwis Desa Taro, Wayan Wardika, Kamis (5/12) kemarin. “Kegiatan akan dihadiri sedikitnya 200 Pokdarwis seluruh Indonesia. Karena Bali menjadi tuan rumah, peserta bisa melebihi dari jumlah itu,” ujarnya optimis.

Dijelaskannya, Deklatator Musyawarah Nasional Pokdarwis Nasional sudah melakukan survei ke Desa Taro, untuk memastikan Pokdarwis Taro layak menjadi tuan rumah. “Sudah disurvei lokasi, secara lokasi dan kapasitas kami sangat layak,” jelas Wardika.

Walau sudah digadang-gadang sebagai penyelenggara kegiatan, ada beberapa fasilitas yang belum layak dimiliki Desa Taro. “Beberapa fasilitas yang belum kami miliki seperti toilet berstandar internasional, areal tempat parker yang memadai, penunjuk arah antar banjar dan obyek wisata serta fasilitas lainnya,” bebernya. Atas kondisi yang dihadapi ini, Wardika mengaku akan beraudiensi dengan Pemkab Gianyar, guna bisa membantu penyediaan fasilitas dan sebagai penyelenggara event. “Kami belum pernah menyelenggarakan event sebesar ini, kami mohon Pemkab Gianyar membantu kami,” harapnya.

Dia juga berharap dibantu aula knock down sebagai tempat dan seminar termasuk layanan informasi online. “Dalam segala hal kami masih terbatas, kami berharap bantuan pemerintah,” harapnya. Kata Wardika, Desa Taro dijadikan sebagai penyelenggara event karena berhasil sebagai juara IV Nasional Desa Wisata Nasional beberapa waktu lalu. Pihak panitia pusat juga berharap Desa Taro bisa menjadi penyelengara dan diharapkan Pokdarwis yang hadir nanti, bisa sama-sama sharing ilmu tentang pengembangan pariwisata. *nvi

Komentar