nusabali

Dekranasda Klungkung Gelar Workshop e-Smart IKM Go Digital

  • www.nusabali.com-dekranasda-klungkung-gelar-workshop-e-smart-ikm-go-digital

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Klungkung menggelar workshop e-Smart Industri Kecil Menengah (IKM) Go Digital di Ruang Rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, Rabu (4/12).

SEMARAPURA, NusaBali

Kegiatan ini diikuti para pengerajin dan siswa SMK dalam pengembangan interprenaur dan calon wirausaha muda di Kabupaten Klungkung menuju pebisnis berbasis digital.

Workshop dibuka Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, didampingi Ketua Dekranasda Klungkung Ny Ayu Suwirta, Wakil Ketua Harian Dekranasda Ny Mariati Winastra, Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Klungkung I Gede Kusumajaya.
 
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengatakan pelatihan ini menyasar anak-anak muda untuk lebih mandiri menjadi agen perubahan memarketing usahanya dengan smartphone, merubah mindset bisnisnya ke arah yang lebih maju. Bupati berharap pemanfaatan gadget di era sekarang dapat dimaksimalkan.Tidak hanya untuk ngobrol atau berfoto, namun juga bisa menghasilkan sesuatu yang positif dan bermanfaat. "Manfaatkan smartphone anda dengan baik untuk berbisnis, jangan salah menggunakan smartphone," ujar Bupati Suwirta.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Klungkung I Gede Kusumajaya dalam laporannya mengatakan e-smart digital merupakan jawaban terhadap tantangan dari pemerintah untuk secara bertahap mengalihkan model promosi manual ke era digital dengan memanfaatkan kemajuan teknologi serta memberikan informasi strategi  pemasaran lewat smartphone bagi  para pelaku UMKM dalam menghadapi tantangan terbesar di era digital. "Ini wujud nyata peran Dekranasda dalam menggenjot pelaku industri kecil menengah agar aktif memanfaatkan dalam pengembangan usahanya dengan smartphone," ujar Gede Kusumajaya

Dia menambahkan peserta workshop ini dari kalangan Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Klungkung 50 orang dan 15 orang dari siswa SMK dengan narasumber dari Shopee Jakarta. *wan

Komentar