nusabali

Pendaftaran SNMPTN 2020 Mulai Dibuka

  • www.nusabali.com-pendaftaran-snmptn-2020-mulai-dibuka

Sebelum ikut tes, siswa wajib registrasi akun LTMPT

JAKARTA, NusaBali

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 dibuka mulai kemarin Senin (2/12). Pendaftaran dapat dilakukan melalui registrasi akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Negeri.

Seperti diketahui, LTMPT adalah satu-satunya lembaga penyelenggara tes yang diamanatkan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti) untuk para lulusan SMA mencari perguruan tinggi terbaik.

Sebelum memulai rangkaian tes SNMPTN, para siswa diwajibkan lebih dulu melakukan registrasi akun LTMPT. Fase perdana ini akan dibuka pada 2 Desember 2019 pukul 15.00 WIB.

"Sebagaimana kebijakan yang ditetapkan LTMPT tentang Single Sign On, maka sekolah yang siswanya akan mendaftar SNMPTN 2020 dan calon peserta SNMPTN, UTBK dan SMBPTN 2020 wajib memiliki akun LTMPT dengan melakukan registrasi akun melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id," ujar Ketua LTMPT Ravik Karsidi  seperti dilansir cnnindonesia, Senin (2/12).

Periode registrasi akun LTMPT bagi sekolah untuk mendaftar dan mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dibuka sejak Senin (2/12) pukul 15.00 WIB.

Para pendaftar, kata Ravik, harus memahami bahwa registrasi akun LTMPT tersebut ada dua bagian. Pertama, akun untuk sekolah dan kedua untuk siswa.

"Untuk sekolah-sekolah di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melakukan login registrasi akun LTMPT dengan memasukkan kombinasi Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan Kode Registrasi Sekolah pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik)," jelas Ravik.

Sementara itu, sekolah-sekolah di bawah Kementerian Agama melakukan login registrasi di akun LTMPT dengan memasukkan kombinasi Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan Kode Education Management Information System (EMIS).

Sementara itu, kata dia, siswa harus melakukan login akun LTMPT dengan memasukkan kombinasi Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan tanggal lahir.

"Diimbau kepada sekolah dan siswa khususnya yang akan mengikuti SNMPTN 2020 untuk memanfaatkan waktu registrasi akun LTMPT secara baik dengan memperhatikan kerangka waktunya sehingga diharapkan tidak cenderung mendaftar di awal atau akhir waktu agar tidak mengalami hambatan," jelas Ravik.

Jalur SNMPTN merupakan jalur seleksi PTN berdasarkan nilai akademik saja atau nilai akademik dan prestasi lainnya sesuai yang ditetapkan oleh PTN dengan biaya ditanggung oleh pemerintah. *

Komentar