nusabali

Mendikbud Masih Kaji Penghapusan UN

  • www.nusabali.com-mendikbud-masih-kaji-penghapusan-un

Wacana penghapusan Ujian Nasional (UN) oleh pemerintah kembali muncul sejak seminggu belakangan ini.

JAKARTA, NusaBali

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan, wacana penghapusan UN masih belum diputuskan. Pasalnya, saat ini masih dilakukan kajian mendalam terkait wacana tersebut.

"Itu (penghapusan UN) yang sedang kami kaji. Ditunggu kabarnya," ujarnya, saat ditemui di Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan,Jakarta, Kamis (28/11).

Nadiem mengaku tengah fokus dalam pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pada sektor pendidikan. Hal ini sejalan dengan visi Presiden Joko Widodo dalam lima tahun ke depan. Salah satu langkah cara peningkatan kualitas SDM adalah dengan deregulasi dan debirokrasi. Hal ini untuk mewujudkan merdeka dalam belajar hingga merdeka untuk lembaga guru serta murid-muridnya.

"Arahan presiden untuk ciptakan link and match antara sistem pendidikan kita dan apa yang dibutuhkan dunia industri dan lain-lainnya, untuk mencapai hal adalah deregulasi dan debirokratisasi dari semua instansi unit pendidikan makanya platformnya kita sebut merdeka belajar, merdeka untuk lembaga, guru, dan murid-mahasiswa, ini step pertama," jelasnya. Yang dimaksud dalam melakukan debirokrasi dan deregulasi adalah dengan melakukan penyederhanaan dalam sisi kurikulum maupun assessment. Hal ini dilakukan agar kurikulum bisa beralih ke kompetensi dan bukan mengahafal informasi.

"Terpenting peningkatan kualitas SDM pendidik, baik vokasi maupun unit pendidik dalam SD-SMA karena itu kunci dari fokus aktivitas kita dan mengarah pada pelatihan peningkatan dan penyederhanaan hidup seorang pendidik, benar-benar fokus di situ," jelasnya.

Komentar