nusabali

Lulusan Ditantang Kompetitif di Dunia Kerja

  • www.nusabali.com-lulusan-ditantang-kompetitif-di-dunia-kerja

Undiksha Gelar Wisuda Ke-60 untuk 412 Lulusan

SINGARAJA, NusaBali

Universitas Pendidikan Ganesha ketiga kalinya tahun 2019 mewisuda ratusan mahasiswa. 412 wisudawan dilepas Sabtu (30/11). Pihak kampus menantang para sarjana ini untuk mampu bersaing secara kompetitif  dengan berbekal ilmu selama menjadi mahasiswa.

Rektor Undiksha Prof Dr I Nyoman Jampel MPd mengatakan karakter diri yang bagus sebagai modal dasar menghadapi persaingan global saat ini.

Lulusan selama menjalani perkuliahan di Undiksha pun diklaim Prof Jampel telah menjalani proses dengan seleksi dan penyaringan ketat. Mulai dari input, proses hingga tamat. Tahapan proses pembentukan karakter lulusannya menjadi pembentukan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang harus dipertanggungjawabkan melalui pembuktian di dunia kerja.

“Program yang bertujuan untuk meningkatakan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman internasional SDM Undiksha yang menjadi tuntutan global saat ini. Dengan itu, daya saing SDM Undiksha meningkat seiring perubahan zaman yang semakin kompleks. Hal ini sesuai dengan visi Undiksha yaitu unggul berlandasakan falsafah Tri Hita Karana di Asia pada tahun 2045,” jelas Jampel.

Di samping program-program peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi,  jelas dia, digulirkan pula program peningkatan karakter bagi SDM di lingkungan Undiksha melalui program character building bagi pendidik dan tenaga kependidikan serta mahasiswa. Dengan kata lain, SDM Undiksha didorong mampu kompetitif secara keilmuan dan juga kompetitif dalam karakter. Seiring meningkatnya kompetisi global di era revolusi industri 4.0 diwarnai perubahan semakin cepat, persaingan semakin tajam, maka kebutuhan akan SDM yang berkualitas tidak dapat terelakkan. “Pendidikan tinggi sebagai lini terakhir pendidikan harus mampu membentuk SDM yang jujur, pekerja keras, kolaboratif, solutif, dan entrepreneurship. Ini yang juga menjadi perhatian serius Undiksha,” katanya.

Rektor Jampel juga mengatakan Undiksha sejak awal telah menjadikan kualitas SDM sebagai bagian terintegrasi dari pengembangan kelembagaan tak terkecuali kualitas lulusan. Undiksha melalui lulusannya, sangat mengutamakan penanaman nilai-nilai kebaikan dan kebijaksanaan sebagai inti dari pendidikan karakter dan jauh lebih tinggi nilainya dibanding dengan melahirkan lulusan yang kompeten namun tidak berkarakter.

Dalam wisuda ke 60, kembali diberikan apresiasi lulusan berprestasi pamuncak. I Wayan Adi Sparta MKom, lulusan Program Studi Ilmu Komputer menempati posisi teratas terbaik dari Jenjang Pendidikan Magister dengan IPK 3,81. Disusul Komang Eva Suryastini SPd dari Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Jenjang Pendidikan Sarjana dengan IPK 3,74, dan I Gede Leorendra Arya Mahasaputra AMd, Program Studi Manajemen Informatika, Jenjang Pendidikan Diploma III, dengan IPK 3,62, predikat Pujian.

Usai diwisuda, Wayan Adi Sparta MKom mengharapkan Undiksha bisa semakin baik dan semakin berdaya saing, termasuk mampu mewujudkan visi yang sering digaungkan. Tidak kalah penting lagi menurutnya, dalam rangka mendukung pembelajaran, peningkatan sarana prasana juga dipandang perlu untuk mendapatkan perhatian. “Saya sangat bangga bisa menempuh pendidikan disini. Sekarang pembelajaran sudah baik, tetapi tetap diharapkan ke depan bisa semakin baik lagi,” kata dia.*k23

Komentar