nusabali

Jalan Benyah Latig di Berangbang, Direncanakan Perbaikan Tahun Depan

  • www.nusabali.com-jalan-benyah-latig-di-berangbang-direncanakan-perbaikan-tahun-depan

Kondisi jalan penghubung Banjar Munduk Kendung – Banjar Tangi Meyeh, di Desa Berangbang, Kecamatan Negara, Jembrana, benyah latig (rusak berat).

NEGARA, NusaBali

Kerusakan jalan sepanjang 1,8 kilometer ini rencananya akan diperbaiki Pemkab Jembrana pada 2020 mendatang. Hal ini terungkap saat Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan, meninjau kerusakan jalan tersebut, Kamis (28/11). Kehadiran Wabup Kembang bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPRPKP) Jembrana I Wayan Darwin, ini merespons laporan masyarakat terkait kondisi jalan yang sudah rusak berat. “Karena akses jalan itu cukup vital bagi masyarakat dan kondisinya memang sudah rusak berat, saya minta agar perbaikan jalan ini segera dituntaskan tahun depan,” ujar Wabup Kembang.

Wabup Kembang yang didampingi anggota Fraksi PDIP DPRD Jembrana dari Desa Berangbang, I Komang Sri Kendel, mengatakan untuk perbaikan jalan berupa jalan lapisan penetrasi makadam (lapen) ini perlu dihotmix. Pasalnya, selain menjadi akses perekonomian warga, jalan yang rusak mencapai sepanjang 1,8 kilometer ini juga sering dilalui anak-anak sekolah. “Kami minta agar pengerjaan nanti dilakukan dengan baik. Perhitungkan waktu pengerjaannya, dan gunakan bahan yang berkualitas. Dengan begitu, hasilnya pasti baik dan bertahan lama,” ucapnya.

Wabup Kembang mengharapkan warga sekitar juga ikut menjaga fasilitas publik yang sudah dikerjakan pemerintah. Misalnya, dengan gotong royong membersihkan selokan, untuk memastikan tidak sampai ada banjir yang berpotensi merusak jalan. Selain itu juga penting memastikan agar jalan, tidak sampai dilewati kendaraan besar dengan tonase yang tidak sesuai daya dukung jalan. “Cara-cara sederhana itu sangan efektif untuk merawat umur jalan. Agar lebih lama manfaatnya dirasakan masyarakat,” ujarnya.

Sementara Kabid Bina Marga Dinas PUPRPKP Jembrana I Kade Subamia, yang ikut turun ke lokasi, memastikan akan segera melakukan perbaikan sekalian dengan peningkatan ruas jalan di Berangbang tersebut. Untuk perbaikan jalan ini akan dianggarkan di APBD Jembrana 2020. “Kami  anggarkan peningkatan ruas jalan dari lapen ke hotmix. Dengan panjang ruas jalan sekitar 1,8 kilometer, estimasi anggaran yang diperluakan sekitar Rp 2,4 miliar,” ujarnya. *ode

Komentar