nusabali

Bea Cukai Permudah Ekspor Produk UKM

  • www.nusabali.com-bea-cukai-permudah-ekspor-produk-ukm

Kementerian Koperasi (Kemenkop) dan UKM menggandeng Direktorat Bea dan Cukai untuk meningkatkan ekspor produk dari para pelaku UKM di seluruh Indonesia.

JAKARTA, NusaBali
"Kami akan menyinergikan kebijakan dan program dalam rangka mendorong ekspor, khususnya produk UKM,” ucap Dirjen Bea dan Cukai Heru Pambudi, usai menemui Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, di Jakarta, Selasa (26/11).

Heru menambahkan beberapa hal yang akan mendapat dukungan penuh dari Bea dan Cukai, di antaranya insentif fiskal khusus untuk UKM dan kemudahan-kemudahan untuk impor bahan baku dan mesin yang bisa dimanfaatkan UKM, terutama yang produknya untuk memenuhi kebutuhan pasar ekspor.

"Kami juga akan memberikan fasilitas logistik, sehingga UKM tidak perlu lagi menanggung biaya logistik ekspor, yang kalau masing-masing pasti biayanya tinggi. Hal itu dengan konsolidasi tentunya,” kata Heru.

Intinya, lanjut Heru, kedua pihak akan menggabungkan program untuk meningkatkan ekspor produk UKM. Menurut Heru  itu akan dijalankan dalam satu program bersama. Namun, tidak perlu ada MoU, karena akan langsung jalan saja. *ant

Komentar