nusabali

Krama Tiga Banjar Gotong Royong Beton Jalan

  • www.nusabali.com-krama-tiga-banjar-gotong-royong-beton-jalan

Krama dari tiga banjar di Desa Sukadana, Kecamatan Kubu, Karangasem bergotong royong perbaiki jalan lingkar sepanjang 1 kilometer, Senin (25/11).

AMLAPURA, NusaBali

Ketiga banjar itu yakni Banjar Tigaron, Banjar Karangsari, dan Banjar Kayuaya. Sumber dana perbaikan jalan dengan pembetonan itu merupakan swadaya masyarakat. Perbekel Desa Sukadana I Gede Suardana sumbangkan semen dan air, sementara kelian banjar keluarkan pasir.

Buat sementara perbaikan dengan tambal sulam, prioritaskan menutupi lubang-lubang dengan beton agar akses jalan antar banjar lancar. “Warga rela berpanas-panas mengerjakan perbaikan jalan antar banjar. Mereka antusias,” ungkap Gede Suardana. Dia pun mengapresiasi semangat warga yang sumbangkan tenaga dan material untuk perbaiki jalan. “Saya hanya membantu semen dan membawakan air,” tambahnya.

Kebetulan di Kantor Desa Sukadana ada mobil tangki sehingga dioperasikan untuk membawa air untuk pembuatan beton. Koordinator warga, I Komang Raka mengapresiasi semangat bergotong royong. Mereka berbagi tugas, ada yang membuat adonan beton, ada yang menuangkan beton ke lubang-lubang jalan yang layak dicor, ada pula ang mengangkut pasir. “Semuanya berbagi tugas sehingga pekerjaan cepat selesai,” ungkapnya. *k16

Komentar