nusabali

Seniman Bali Disambut Antusias

Festival Kelayang 2 Belitung

  • www.nusabali.com-seniman-bali-disambut-antusias

Para seniman muda perwakilan Dinas Kebudayaan Provinsi Bali yang menampilkan garapan ‘Lango Sudhaning Koripan’ dan ‘Tari Bala Bali Dwipa’ disambut antusias pengunjung Festival Kelayang 2, Kabupaten Belitung, Minggu (17/11).

DENPASAR, NusaBali

"Atas undangan Kepala Dinas Pariwisata Belitung, tim kesenian Dinas Kebudayaan Provinsi Bali menyajikan seni pertunjukan yang terbaru, inovatif dan penuh makna serta didukung oleh para seniman muda yang kreatif," kata Kepala Bidang Kesenian dan Tenaga Kebudayaan Disbud Bali Ni Wayan Sulastriani di sela-sela menyaksikan garapan tersebut dalam siaran persnya, Minggu (17/11).

Garapan dari Bali itu juga disaksikan Asisten 2 Bidang Ekonomi Pembangun Kabupaten Belitung Jasagung Ariadi, Asisten 3 Bidang Pembangunan Mirang Uganda, Sekretaris Dinas Pariwisata Anita dan beberapa anggota DPRD Kabupaten Belitung.

Dinas Kebudayaan Provinsi Bali bekerja sama dengan Sanggar Gumiart didukung Pengak Men Mersi yang menampilkan garapan Lango Sudhaning Koripan, Keindahan sebagai Sarana Ruatan Sang Jiwa dan Tari Bala Bali Dwipa, sebuah garapan berjalan (pawai). Karya seni pertunjukan ini didukung oleh enam penari, sembilan penabuh dan satu penari yang juga memainkan alat gamelan terompong.

Kesuksesan penampilan ini , didukung oleh tiga penggarap seni yakni Kadek Wahyudita selaku penggagas dan konsep karya, I Gede Gusman Adhi Gunawan selaku koreografer dan Wayan Sudiarsa yang akrab disapa Pacet berperan sebagai komposer.

Tim kesenian Dinas Kebudayaan Bali dalam Festival Kelayang 2, tampil di dua acara yaitu Parade Pelangi Budaya dan Pentas Seni Budaya Daerah. Keterlibatan Bali dalam ajang seni budaya ini sebagai langkah untuk lebih memperkenalkan kesenian Bali kepada masyarakat luas, utamanya masyarakat Belitung. Ikut dalaam ajang ini juga sebagai upaya mempromosikan Bali.

"Festival ini merupakan event nasional yang Top 100 Calender of Events Wonderful Indonesia 2019, sehingga sangat strategis bagi Bali. Selain dapat berpromosi, nantinya akan ada saling kunjung mengunjungi, ajang saling tukar budaya. Kami berharap Belitung juga akan tampil di Bali, baik dalang ajang Pesta Kesenian Bali, atau event lainnya," ucapnya.

Ketua PHDI Kabupaten Belitung, I Wayan Suta mengaku senang dan bangga atas partisipasi tim kesenian Provinsi Bali ini. Kehadiran tim Bali ini sangat penting yang merupakan inspirasi untuk memajukan kesenian Bali yang ada di Kabupaten Belitung, sehingga dapat menunjang pembangunan pariwisata yang sedang digalakkan Pemerintah Belitung. "Atas nama lembaga parisada yang mengayomi warga umat Hindu di Kabupaten Belitung dan khususnya warga Hindu di Desa Balitung, kami ucapkan terima kasih atas kedatangan rombongan kesenian Bali," katanya. *ant, ind

loading...

Komentar