nusabali

Ijo Gading Barat Rebut Gelar Juara Makepung Jembrana Cup 2019

  • www.nusabali.com-ijo-gading-barat-rebut-gelar-juara-makepung-jembrana-cup-2019

Gelar juara event Makepung Jembrana Cup 2018 yang sempat diraih sekaa makepung Ijo Gading Timur (Kecamatan Jembrana, Mendoyo, dan Pekutatan), berhasil direbut sekaa makepung Ijo Gading Barat (Kecamatan Negara dan Melaya) pada event Makepung Jembrana Cup 2019, Minggu (17/11).

NEGARA, NusaBali

Makepung Jembrana Cup 2019 yang digelar di Sirkuit Makepung Satya Jayante, Desa Tuwed, Kecamatan Melaya, Jembrana, itu sekaa Ijo Gading Barat unggul dengan total 41 kemenangan, dan sekaa Ijo Gading Timur hanya meraih 15 kemenangan.

Dari tiga kelas pertandingan (A, B, dan C), diawali kelas C. Dalam pertandingan kelas C, sekaa Ijo Gading Barat berhasil unggul dengan 23 kemenangan, dan sekaa Ijo Gading Timur hanya 5 kemenangan. Kemudian kelas B, sekaa Ijo Gading Timur berhasil membalikkan keadaan dengan meraih 11 kemenangan, dan sekaa Ijo Gading Barat meraih 8 kemenangan. Namun dalam laga pamungkas yang diisi 10 pertandingan di kelas A, Ijo Gading Barat berhasil menyapu bersih 10 kemenangan.

Atas raihan tersebut, sekaa Ijo Gading Barat yang keluar sebagai juara umum I, berhak mendapat hadiah uang sebesar Rp 27 juta. Sedangkan sekaa Ijo Gading Timur sebagai juara umum II, mendapat hadiah uang Rp 22 juta. Selain hadiah juara umum, sekaa Ijo Gading Barat yang berhasil unggul di kelas C dan A juga berhak mendapat hadiah uang sebesar Rp 9 juta dan Rp 13 juta. Sementara sekaa Ijo Gading Timur yang unggul di kelas B, berhak mendapat hadiah uang sebesar Rp 11 juta. Kemudian ada tiga juara kerbau makepung favorit, yang masing-masing diraih kerbau makepung Bintang Bali Barat dengan hadiah Rp 7 juta, Segara Urip Rp 6 juta, dan Putra Gimbal Rp 5 juta. Total hadiah sebesar Rp 100 juta.

Koordinator Makepung Kabupaten Jembrana yang juga Ketua Sekaa Makepung Ijo Gading Barat I Made Mara, mengatakan keseluruhan hadiah uang yang diterima kedua sekaa, nantinya akan dikumpulkan dan dibagi rata kedua sekaa. Menurutnya, itu merupakan bentuk gotong royong dan kebersamaan sekaa makepung, untuk operasional maupun biaya-biaya yang dibutuhkan untuk menggelar perlombaan makepung tersebut. “Besar harapan kami, ke depan bisa dianggarkan dana pemeliharaan sirkuit, karena ada beberapa sirkuit seperti Tuwed, Kaliakah, Delod Berawah, dan Mertasari,” ujarnya.

Bupati Jembrana I Putu Artha yang menyaksikan Makepung Jembrana Cup tersebut, mengharapkan penyelenggaraan makepung bisa lebih baik dari segi penyelenggaraannya dan hadiahnya lebih baik. Kepada OPD terkait, yakni Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jembrana, diharapkan lebih menggencarkan promosi event makepung. Baik itu kepada travel lokal Jembrana hingga tingkat nasional, agar lebih banyak wisatawan yang hadir, dan tentunya akan memutar roda perekonomian di bidang pariwisata.

Bupati yang mendengar rencana event Makepung Kapolres Cup, mengaku sangat menyambut baik dan mengapresiasi hal tersebut. Bahkan, pihaknya memiliki harapan semua jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), ikut membuat event yang nantinya akan menggairahkan masyarakat Jembrana dalam pelestarian makepung. “Tentu akan semakin bagus kalau event makepung bisa ditambah,” tutur Bupati Artha. *ode

Komentar