nusabali

BPBD Kota Denpasar Petakan Daerah Rawan Tsunami

  • www.nusabali.com-bpbd-kota-denpasar-petakan-daerah-rawan-tsunami

Tempat Evakuasi Sementara (TES) tahan gempa dan tsunami berlantai 4 di kawasan Serangan memiliki daya tampung 1.000 orang sudah disediakan.

DENPASAR, NusaBali.com
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Denpasar mencatat sejumlah daerah di Denpasar rawan bencana tsunami. Potensi rawan tsunami berada di kawasan selatan Kota Denpasar, di antaranya adalah Serangan, Sanur, Suwung Kauh, Suwung Kangin, serta Pemogan.

Kepala BPBD Kota Denpasar, IB Joni Ariwibawa, menyampaikan untuk mengantisipasi terjadinya bencana tsunami, pihaknya gencar menggelar sosialisasi mitigasi bencana secara berkesinambungan. "Kegiatan yang menyasar seluruh masyarakat mulai hingga lapisan terbawah ini dilaksanakan untuk memberikan edukasi tentang kebencanaan bagi masyarakat," ungkapnya saat dihubungi, Kamis (14/11/2019) sore.

Joni mengatakan pelaksanakan sosialisasi mitigasi bencana menyasar seluruh elemen masyarakat hingga paling bawah. Mulai dari pusat pemerintahan, perkantoran, hotel, restaurant, rumah sakit, sekolah, fasilitas publik, hingga di tingkat desa/kelurahan. Ia mengharapkan melalui sosialisasi masyarakat juga tahu nomor darurat BPBD Kota Denpasar yang bisa dihubungi jika terjadi keadaan darurat.

Tak hanya itu dalam upaya memberikan informasi peringatan dini bencana tsunami kepada masyarakat pesisir pantai, Kota Denpasar telah dilengkapi dua unit sirine tsunami. "Sirine tsunami disebar di 2 lokasi pantai di Denpasar, yakni Pantai Sanur dan Pantai Serangan," ucap Joni.

Ia menyebutkan pengaktifan sirine ada pada wewenang BPBD Provinsi Bali. “Semua sirine tsunami aktif dan beroperasi dengan baik. Setiap tanggal 26 sirine yang ada di seluruh Bali dikontrol dan dites untuk memastikan berfungsi dengan baik,” tambahnya.

Selanjutnya Joni menambahkan, di kawasan Serangan juga dilengkapi dengan bangunan Tempat Evakuasi Sementara (TES). Bangunan ini berlantai empat serta dibangun dengan konstruksi anti gempa dan tsunami ini yang menurutnya berdaya tampung hingga 1.000 orang. Sedangkan di kawasan Sanur, tambahnya, hotel-hotel lantai 3 ke atas yang berada di pinggir pantai juga dilengkapi dengan TES.*has

loading...

Komentar