nusabali

23 Perbekel Terpilih di Denpasar Dilantik

Rai Mantra Tekankan Sinergitas, Gali Potensi Desa Menuju Kesejahteraan Rakyat

  • www.nusabali.com-23-perbekel-terpilih-di-denpasar-dilantik

Dari 23 perbekel yang dilantik, delapan (8) diantaranya merupakan pendatang baru.

DENPASAR, NusaBali

Setelah melalui beragam tahapan, Perbekel Terpilih 2019-2025 hasil Pilkel Serentak Tahun 2019 dilantik secara resmi. Sebanyak 23 Perbekel Terpilih diambil sumpah dan janji yang dipimpin oleh Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra di Wantilan Ayung III IPA Blusung, PDAM Kota Denpasar, Senin (11/11).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara, Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede, Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny IA Selly Dharmawijaya Mantra, Ketua WHDI Kota Denpasar, Ny Sagung Antari Jaya Negara, Forkopimda Kota Denpasar, pimpinan OPD serta perangkat Desa se-Kota Denpasar.

Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra didampingi Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara dalam kesempatan tersebut menekankan bahwa perbekel merupakan ujung tombak pemerintahan dan bersentuhan langsung dengan masyarakat. Tentunya dengan posisi yang sangat strategis tersebut menjadikan perbekel memiliki peranan yang vital, sehingga diperlukan sinergitas antara perbekel dalam segala bidang pembangunan.

Rai Mantra menjelaskan, keberadaan perbekel saat ini wajib menjadi solusi atas permasalahan di masyarakat. Hal ini dilaksanakan dengan mengoptimalkan pemberdayaan masyarakat, serta menggali potensi desa dengan tetap mempertahankan karakteristik dan jati diri desa. “Kedepan tantangan kita akan samakin kompleks, dibutuhkan tata kelola pemerintahan desa yang mampu memberikan solusi atas permasalahan di masyarakat dengan tetap mempertahankan kearifan lokal tanpa kehilangan modal dasar kebudayaan yang adi luhung,” paparnya.

Lebih lanjut dijelaskan, perbekel juga harus mampu menggerakkan seluruh komponen masyarakat dan potensi yang ada, sehingga mampu mewujudkan kemandirian ekonomi, menekan angka kemiskinan, pengangguran, kawasan kumuh, menekan angka putus sekolah, serta pengendalian penduduk menuju kesejahteraan rakyat.

Rai Mantra juga berpesan kepada seluruh perbekel yang baru dilantik untuk mampu mewujudkan tata kelola pemerintahan desa yang transparan dan akuntable. Hal penting yang harus segera dilaksanakan adalah bagaimana mampu memaknai kemenangan ini sebagai kemenangan bersama, serta membangkitkan kebersamaan masyarakat untuk mendukung pembangunan desa.

Selain itu, Rai Mantra juga berpesan, sebagai tauladan di masyarakat, hendaknya perbekel harus menjadi insan panutan dengan tidak melanggar norma serta terhindar dari kasus hukum dan sosial di masyarakat.

“Sekali lagi kami ucapkan selamat bertugas kepada seluruh perbekel yang baru saja dilantik, kami berharap sinergitas bersama serta senantiasa berinovasi dalam meningkatkan untuk menggali potensi desa guna menciptakan kemandirian ekonomi menuju kesejahteraan rakyat,” ujar Rai Mantra.

Kepala DPMD Kota Denpasar, IB Alit Wiradana menjelaskan bahwa seluruh tahapan Pilkel serentak di Kota Denpasar telah berlangsung mulai dari tahapan pencalonan, penetapan DPT, pemungutan suara yang dilaksanakan pada 27 Oktober digelar serentak di 23 desa yang diikuti oleh 61 calon serta penetapan calon terpilih.  “Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung seluruh tahapan sehingga berjalan dengan lancar dengan situasi kondusif, semoga keberhasilan ini dapat membawa kebaikan menuju kesejahteraan masyarakat,” jelasnya. *mis

Komentar