nusabali

Investor Lirik Perbukitan Desa Besan

  • www.nusabali.com-investor-lirik-perbukitan-desa-besan

Desa Besan, Kecamatan Dawan, memiliki pesona wisata perbukitan cukup menawan.

SEMARAPURA, NusaBali

Guna mengembangkan pesona wisata ini, berbagai upaya telah dilakukan Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) desa  setempat. Salah satunya menggandeng investor untuk mengembangkan potensi Desa Wisata Besan.

Hal itu terungkap saat salah seorang calon investor, Made Andyana Putra beraudiensi dengan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta di ruang kerjanya, Kamis (7/11). Audiensi diikuti Camat Dawan AA Putra Wedana, Ketua Pokdarwis Desa Besan, Nengah Dikcy Supastawa, Perbekel Desa Besan I Ketut Yasa, dan Bendesa Adat Besan I Ketut Wardana.

Adnyana Putra mengatakan, pengembangan desa wisata saat ini telah menjadi agenda global, bahkan menjadi salah satu tren pengembangan pariwisata di Bali. Tren ini merupakan respon terhadap motivasi baru dalam berwisata. Untuk itu dirinya bersama Pokdarwis Desa Besan ingin mengembangkan pesona wisata yang dimiliki desa wisata besan dengan membuat tempat rekreasi dan membuat destinasi wisata baru. “Kami bersama beberapa investor dari Jakarta dan Malaysia ingin mengembangkan pesona wisata bukit abah (Desa Besan) dengan membuat tempat rekreasi dan destinasi wisata baru,” ujarnya saat berpresentasi di hadapan Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta menyambut baik upaya-upaya yang dilakukan Pokdarwis Desa Besan untuk mendukung program-program pemerintah di bidang kepariwisataan. Kata Bupati Suwirta,  pengembangan desa wisata harus didukung dengan sumber daya manusia yang berkualitas, berkompeten, memahami dan mengerti prinsip-prinsip dan konsep desa wisata. “Pengembangan desa wisata harus didukung oleh SDM yang memang betul-betul mengerti dan berkecimpung langsung di dunia pariwisata.” ujarnya.

Selain itu, pengembangan desa wisata  harus melibatkan tokoh desa dan masyarakat setempat dengan mengedepankan  asas manfaat bukan asas keuntungan. “Keterlibatan masyarakat lokal merupakan unsur utama dalam pengembangan desa wisata ini, dengan demikian akan tumbuh rasa memiliki terhadap perkembangan pariwisata di desanya,” ujarnya. Bupati Suwirta berharap dengan menggandeng beberapa investor, pengembangan desa wisata besan bisa segera terwujud sehingga nantinya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat desa besan.*wan

Komentar