nusabali

Pemerintah Diminta Lebih Perhatian pada Muay Thai

  • www.nusabali.com-pemerintah-diminta-lebih-perhatian-pada-muay-thai

Jika dipercaya, Jerry Luhukay siap menjadi pelatih Muay Thai untuk Bali.

MANGUPURA, NusaBali.com
Perhatian pemerintah Indonesia pada cabang olahraga Muay Thai dinilai kurang. Padahal perkembangan Muay Thai di Indonesia saat ini cukup pesat. Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya sasana-sasana Muay Thai di sejumlah kota di Tanah Air yang tumbuh dengan pesat. Fenomena ini membuktikan tingginya minat masyarakat terhadap olahraga bela diri ini. Pernyataan tersebut diutarakan oleh Jerry Luhukay, salah satu atlet Muay Thai Indonesia. "Cabang olahraga ini lebih perlu perhatian dari pemerintah lagi. Misal dengan diperbanyak gelaran pertandingannya," ujarnya saat ditemui NusaBali, Senin (4/11/2019) di Zealot Muay Thai, Kuta Utara, Badung.

Meski perkembangan salah satu cabang olahraga bela diri ini cukup pesat, ia menganggap pertandingan Muay Thai di Indonesia masih sangat kurang. "Hasilnya pada pertandingan Muay Thai di SEA Games kemarin di Malasyia tim Indonesia 'dihajar' habis," kata pria yang merupakan pengurus inti di Muay Thai Profesional Indonesia (MPI) ini.

Namun, Jerry yang pernah membawa tim nasional Muay Thai binaanya menyabet perak di SEA Games 2013 ini tetap optimis dengan banyaknya sasana Muay Thai yang kini bermunculan akan melahirkan bibit-bibit baru atlet Muay Thai yang berpotensi. "Pemerintah perlu melihat ini dan memperbanyak pertandingan kejuaraan atau turnamen agar siklus olahraga ini lengkap," tambahnya.

Selama ini ia dengan dukungan MPI sudah menggelar pertandingan kejuaraan Muay Thai Road to Victory (RTV) sejak 2014 lalu. Kejuaraan ini ia gelar untuk mengakomodir ratusan petarung Muay Thai, baik di kelas pemula, semi-pro, dan profesional. Kini ia mendirikan sasana Muay Thai 'Zealot Muay Thai' di sejumlah daerah di Indonesia, yakni di Jakarta, Lampung, dan yang terbaru di Bali. Dengan dibukanya sasana di Bali ia berharap petarung Muay Thai bisa menggunakan tempat ini untuk berlatih. "Bahkan kalau diberikan kesempatan saya ingin menjadi pelatih kontingen Muay Thai Bali untuk PON 2020 nanti. Tim Muay Thai Bali mungkin bisa latihan di sini," tutupnya.*has

Komentar