nusabali

Bupati Suwirta Kenalkan Program Unggulan

Acara Leadership for Regional Government BI

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-kenalkan-program-unggulan

Hari kedua pelaksanaan Economic Leadership for Regional Government Leaders (EL-RGR), di Kampus Utama Bank Indonesia (BI), Jakarta, Kamis (31/10), Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta memaparkan sejumlah program unggulan milik Pemkab Klungkung dihadapan sejumlah pejabat BI, narasumber, dan 40 peserta lainnya.

SEMARAPURA, NusaBali

Tiga program tersebut yakni Beli Mahal Jual Murah (Bima Juara), Beri Kail Bukan Ikan serta program Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) ini dipaparkan pada saat sesi Berbagi Terobosan Kebijakan Daerah oleh beberapa kepala daerah perwakilan.

Dalam paparannya, Bupati Suwirta menjelaskan secara singkat cara kerja program inovatifnya hingga berhasil meraih prestasi dan mendapat pengakuan tingkat nasional. Selain memaparkan keberhasilan dari program tersebut, Bupati Suwirta juga tetap mengakui sebuah programnya yakni TOSS masih mengalami hambatan dalam pengembangannya. Di mana pihaknya mengalami kesulitan dalam pengandaan mesin pembuat pellet dengan kapasitas yang lebih besar karena belum tercantum dalam e-Katalog. “Mesin ini sangat dibutuhkan untuk dapat mengolah sampah dalam jumlah besar,” ujarnya.

Mendengar pemaparan Bupati Suwirta, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyarankan Bupati Suwirta untuk mengajukan usulan atau proposal ke BI terkait hambatan yang dihadapinya dalam mengembangkan program TOSS. Pihaknya melalui BI Denpasar akan berupaya membantu mencarikan solusi sehingga pengadaan mesin pengolahan dengan kapasitas lebih besar dapat terwujud. “Saya tertarik dengan program TOSS karena kamin konsen dalam masalah lingkungan untuk itu kami akan berupaya membantu mengembangkan program TOSS,” ujar Perry Warjiyo. Pada kegiatan tersebut turut hadir Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang juga selaku narasumber.*wan

Komentar