nusabali

Pelari 35 Negara Ramaikan Bali Internasional Triathlon

  • www.nusabali.com-pelari-35-negara-ramaikan-bali-internasional-triathlon

Sebanyak 35 negara ambil bagian pada Bali Internasional Triathlon 2019 pada 10 November, di Pantai Mertasari, Sanur, Denpasar.

DENPASAR, NusaBali

Pada event tahunan ke-12 itu akan dibagi dalam 3 kategori, yakni renang 1,5 Km, balap sepeda 40 km , dan lari 10 km untuk kategori Olympic. Sedangkan untuk sprint distance course (renang 500 meter, sepeda 20 Km, lari 5 Km, dan 5K Fun Run.

Dipastikan sejumlah nama tenar triathlon nasional akan tampil, yakni Jauhari Johan, Eva Desiana, Triatlit Kelly Tandiono, dan Inge Prasetyo. Sedangkan atlet luar negerinya, Andrew Keily asal AS dan Blake Kappler asal Auatralia, juara 2018.  Sedangkan peserta yang terdaftar sampai saat ini mencapai 950 orang dari 35 negara berbeda.

"Peserta naik 100 peserta, dari sebelumnya 850 orang dan kini mencapai 950 khusus di Triathlon. Kalau ditambah Fun Run-nya mencapai 1.400 orang peserta," ucap panitia bidang pengelola race, Dardityo Santoso, di Hotel Prama Sanur, Rabu, (30/10).

Menurut Dardityo peserta dari tuan rumah Indonesia memang paling banyak, yakni sekitar 750. Sementara sisanya tersebar dari beberapa negara lainnya. Sedangkan peserta terbanyak kedua dari Australia 40 peserta. Baru disusul negara Amerika, Inggris, Jepang, Prancis, Belanda dan Negara Eropa lainnya.

Sebelum bertanding akan diperkenankan mencoba beberapa venue dan lintasan. Sehingga pada saat bertanding peserta sudah sangat siap. Menurut Dardityo, tujuan akhir memang sport tourism. Sebab, banyak atlet pendatang baru ambil bagian.

Sementara itu Senior Director dan Country General Manager Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi mengatakan, Bali Internasional Triathlon pertama kali diadakan pada 2007  dan saat ini menjadi sponsor kelima kalinya.

Sedangkan di satu sisi Biro Pariwisata Yayasan Pembangunan Sanur, IB Wisnu Diwangkara mengakui dampak event Bali Internasional Triathlon memberikan kontribusi positif untuk perkembangan sport torism. Dia berharap masyarakat dapat mendukung dari sisi keamanan. Dan, penyelenggaraan event-event berskala internasional lebih banyak lagi. Sedangkan salah satu atlet Andi Wibowo mengakui persiapan sudah sangat fokus untuk event ini. Dirinya juga menjaga stamina hingga akhir, karena target tampil maksimal.

“Mudah-mudahan bisa naik podium. Tapi yang jelas Triathlon ini banyak faktor. Fisik memang yang utama, tapi jangan lupa faktor lainnya. Bisa saja sepedanya," jelas Andy Wibowo, yang akan turun di kategori Olympic. *dek

Komentar