nusabali

SMAN 1 Rendang Gelar Lomba Berbasis Komputer

  • www.nusabali.com-sman-1-rendang-gelar-lomba-berbasis-komputer

SMAN 1 Rendang menggelar lomba mata pelajaran berbasis komputer. Lomba diikuti 40 siswa SMP se-Kecamatan Selat, Kecamatan Rendang, dan Kecamatan Sidemen.

AMLAPURA, NusaBali

Lomba yang digelar untuk semarakkan bulan bahasa ini dikemas UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer).

Kasek SMAN 1 Rendang I Putu Sudibawa mengaku punya ide menggelar lomba berbasis komputer untuk mengimplementasikan revolusi industri 4.0. Salah satunya menggelar lomba berjaringan internet. Sebelum lomba, sejak awal Oktober 2019 melakukan uji coba lomba mata pelajaran berbasis komputer dengan menggunakan jaringan lokal. Setelah benar-benar bisa digunakan mulai dari membuka soal dengan kata kunci, mengisi biodata peserta lomba, hingga teknik menjawab, maka diberlakukan lomba berbasis komputer tersebut.

Begitu peserta usai menjawab soal, skor langsung kelihatan, sehingga tingkat kejujuran dalam menjawab soal sangat tinggi. Panitia dengan mudah menuntaskan lomba karena praktis, nilai keluar dengan cepat. Sehingga panitia tinggal mengumumkan juaranya karena nilai langsung diranking oleh sistem. Lomba yang digelar mengawali menggunakan komputer menggabungkan dua mata pelajaran jadi satu yakni Matematika dan IPA Terpadu atau MIPA. “Setelah lomba ini, kami berencana menggelar ulangan harian menggunakan aplikasi android,” ungkap Putu Sudibawa.

Dengan menggelar lomba berbasis komputer diharapkan di sekolah SMP yang diundang bisa menyesuaikan di sekolahnya masing-masing. Harapannya para siswa terbiasa mengerjakan soal menggunakan komputer. Sebab UNBK juga berbasis komputer, sehingga sekolah yang menggelar UNBK nantinya tidak kesulitan memberikan pemahaman terhadap siswa.

Terpisah, Kasek SMPN 2 Rendang Ketut Suparjana mengirimkan 5 siswanya untuk lomba. Menurutnya, siswa SMPN 2 Rendang telah terbiasa mengerjakan soal berbasis komputer. Setiap siswa hendak ulangan, diajak ke lab komputer mengerjakan soal melalui komputer,” jelas Ketut Suparjana. Sementara Kasek SMPN 3 Selat I Nengah Sikiarta mengaku telah menyiapkan siswanya menjawab soal menggunakan komputer. “Selain latihan gunakan komputer, juga menggunakan HP android,” jelas Nengah Sikiarta.*k16

loading...

Komentar