nusabali

Bupati Giri Prasta Ajak ST Sekar Jepun Wujudkan Desa Wisata Pangsan

  • www.nusabali.com-bupati-giri-prasta-ajak-st-sekar-jepun-wujudkan-desa-wisata-pangsan

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta hadiri puncak perayaan HUT ke-45 Sekaa Teruna (ST) Sekar Jepun di Banjar Sekarmukti Pundung, Desa Pangsan, Kecamatan Petang, Sabtu (19/10).

MANGUPURA, NusaBali

Dalam sambutannya, Bupati Giri Prasta mengajak sekaa teruna dan masyarakat Desa Pangsan untuk bersatu mewujudkan desa wisata di Pangsan.

Menurut Bupati Giri Prasta, desa wisata merupakan home base-nya beberapa wisata yang dikembangkan di desa seperti agro wisata, eko wisata, culture wisata, dan health wisata. Dicontohkan, pengembangan desa wisata yang ada Pangsan ini, rumah penduduk akan dijadikan beberapa kamar setara dengan kamar hotel berbintang. “Wisatawan dapat menginap di rumah penduduk dan pembayarannya langsung kepada pemilik rumah. Ini akan menguntungkan masyarakat itu sendiri,” ujarnya.

Bupati Giri Prasta juga sangat mengapresiasi perayaan HUT ST Sekar Jepun yang menunjukkan sekaa teruna dan masyarakat Banjar Sekarmukti Pundung sudah bersatu dan bergotong royong. “Saya harap sekaa teruna tetap bersatu, dengan bersatu berarti setengah perjuangan kita sudah berhasil. Dan saya siap membantu kebutuhan sekaa teruna di sini,” katanya seraya mengajak sekaa teruna untuk menghindari pengaruh obat-obat terlarang yang dapat merusak diri generasi muda sebagai penerus bangsa.

Bupati Giri Prasta juga memaparkan program-program untuk meringankan beban masyarakat, di antaranya kebutuhan pribadi dan komunal. Kebutuhan pribadi masyarakat Badung seperti kesehatan gratis, pendidikan gratis, PBB gratis. Sedangkan, kebutuhan komunal seperti pengeluaran untuk upacara, perbaikan pura, balai banjar, dan lainnya. “Jadi, kami bantu kebutuhan masyarakat baik pribadi maupun komunal, sehingga ekonomi masyarakat Badung meningkat dan astungkara kemiskinan akan turun sampai nol persen. Untuk menuntaskan semua itu pemimpin harus komitmen,” ungkapnya.

Bupati didampingi anggota DPRD Badung I Gusti Lanang Umbara dan I Gusti Agung Ayu Inda Trimafo Yudha, Kabag Humas Setda Badung Made Suardita, Camat Petang I Gede Eka Sudarwitha beserta unsur Tripika Kecamatan, Perbekel Desa Pangsan I Nyoman Raka Tri Sukarya, Bendesa Adat Pangsan Ida Bagus Surya Dharma, dan sekaa teruna, dan para tokoh masyarakat.

Ketua ST Sekar Jepun Pande Wayan Artha Pradana mengucapkan terima kasih kepada Bupati Badung. Dia menegaskan akan siap mendukung program Pemkab Badung.

Dalam kesempatan tersebut Bupati menyerahkan bantuan sebesar Rp 24 juta. Secara pribadi Bupati membantu dana motivasi sebesar Rp 12 juta, anggota DPRD Badung I Gusti Lanang Umbara sebesar Rp 2 juta, I Gusti Agung Ayu Inda Trimafo Yudha sebesar Rp 2 juta, dan Pemerintah Desa Pangsan sebesar Rp 15 juta. *

Komentar