nusabali

Para Menteri Diperkenalkan Jokowi Pagi Ini

  • www.nusabali.com-para-menteri-diperkenalkan-jokowi-pagi-ini

Sehari pasca dilantik sebagai Presiden-Wakil Presiden 2019-2024, Jokowi-Ma’ruf Amin akan langsung umumkan susunan kabinetnya, Senin (21/10) pagi ini.

JAKARTA, NusaBali

Saat itu, para menteri dan pejabat setingkat menteri sekalian akan diperkenalkan kepada publik. Presiden Jokowi pastikan ada nomenklatur menteri baru.

Presiden Jokowi menyebutkan, kabinet baru akan diumumkan bersama-sama dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, pagi ini. "Besok pagi (hari ini) akan saya kenalkan (kabinet yang baru, Red). Ya, sama Abah (Ma'ruf Amin). Soal kapan pelantikan resminya, ya tunggu besok," ujar Jokowi dilansir detikcom seusai pelantikan dalam Sidang Paripurna MPR RI di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (20/10) sore.

Namun, Jokowi masih menutup rapat soal formasi terbaru kabinetnya. Jokowi meminta publik menunggu hingga pagi ini. Yang jelas, Jokowi memastikan akan ada nomenklatur kementerian baru di kabinetnya. "Perubahan nomenklatur ada, besoklah, sabar...," katanya.

Selain itu, Jokowi menyebut akan ada wajah-wajah baru di kabinetnya. Namun, tidak disebutkan siapa saja mereka. "Besok kita akan kenalkan dulu menteri-menteri yang telah kita pilih. Setelah dikenalkan, tentu saja dilantik. Dikenalkan pagi, setelah itu dilantik, bisa hari Senin, Selasa, Rabu," papar Jokowi.

Sebelum umumkan dan perkenalkan menteri-menteri yang akan membantu di periode kedua kepemimpinannya, Jokowi lebih dulu bertemu para ketua umum parpol koalisi, tadi malam. Parpol koalisi pengusung Jokowi-Ma’ruf dalam Pilpres 2019 adalah PDIP, Golkar, PKB, PPP, NasDem, Hanura, PKPI, PSI, da Perindo. selain itu, Jokowi tadi malam juga diagendakan bertemu sejumlah relawan.

"Bisa saja ada pertemuan one on one antara Pak Jokowi dan ketua umum parpol dalam rangka untuk rekonfirmasi releasenya pengurus-pengurus teras partai, bila diperlukan Presiden untuk menjadi anggota kabinet," ujar Sekjen DPP NasDem, Johnny G Plate kemarin. "Mulainya pasti malam ini (semalam) sampai besok (hari ini), karena Presiden bergerak cepat," imbuhnya.

Sementara, Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri disebutkan telah menyerahkan nama calon menteri ke Presiden Jokowi. Pilihan nama-nama yang diserahkan ke Jokowi itu merupakan keputusan Megawati usai melakukan dua kali pertemuan dengan Presiden.

"Tunggu saja, tunggu pengumuman dari Presiden ya. Nama-nama sudah diserahkan sama Ibu Megawati. Sudah dibahas secara mendalam dalam pertemuan sebanyak dua kali (dengan Jokowi, Red). Jadi, kita tunggu apa yang akan disampaikan Bapak Presiden," jelas Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto, di Kompleks Parlemen Senayan, Minggu kemarin.

Meski demikian, Hasto tidak menjelaskan siapa saja nama calon menteri yang diajukan PDIP ke Jokowi. Terkait postur kabinet Jokowi-Ma’ruf 2019-2024, Hasto menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden.

“Kalau postur kabinet, kan kita mengikuti perintah konstitusi dan juga sesuai dengan perintah UU Kementerian membuat hal-hal yang pokok terhadap tugas-tugas kehidupan berbangsa dan bernegara. Dan, juga dalam program kerjanya, kita tahu Pak Jokowi punya sebuah visi untuk membangun SDM kita sebagai skala prioritas," tandas Hasto. "Dari situlah kita melangkah maju, dengan menggunakan seluruh potensi yang kita miliki sebagai bangsa," lanjut Hasto.

Sementara itu, Presiden Jokowi langsung menerima kunjungan Wakil Presiden China, Wang Qishan, di Istana Merdeka Jakarta, tadi malam pukul 19.00 WIB, usai acara pelantikan. Dalam pertemuan dengan Wapres China semalam, Jokowi masih didampingi tiga menteri periode 2014-2019, yakni Menseneg Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Menlu Retno LP Marsudi. Ketga menteri ini sejak awal disebut-sebut akan bertahan di Kabinet Jokowi-Ma’ruf 2019-2024.

Pada saat hampir bersamaan tadi malam, Wakil Presiden Ma’ruf Amin juga menerima kunjungan Wapres Vietnam. Đặng Thị Ngọc Thịnh, serta Wapres Myanmar, Henry Van Thio. *

Komentar