nusabali

Wagub Berharap Pasraman Bisa Tingkatkan Kualitas SDM Bali

  • www.nusabali.com-wagub-berharap-pasraman-bisa-tingkatkan-kualitas-sdm-bali

Kehadiran pasraman di Bali diharapkan bisa berkontribusi besar dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) Bali.

GIANYAR, NusaBali

Begitu juga dengan Pasraman Yogadhiparamaguhya yang didirikan oleh almarhum Ida Pedanda Made Gunung, kiprahnya dalam mendidik masyarakat Bali sangat dinantikan. Demikian disampaikan oleh Wakil Gubernur (Wagub) Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) pada acara pengukuhan pengurus baru Yayasan Yogadhiparamaguhya Bali Periode 2019-2024 di Griya Gede Kemenuh Purnawati, Blahbatuh, Gianyar, Sabtu (12/10).

Wagub Cok Ace meyakini jika tujuan pembangunan pasraman ini sudah sesuai dengan visi misi Nangun Sat Kerthi Loka Bali, membangun Bali beserta masyarakat seutuhnya.

“Ini tertuang dalam visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali, yaitu Jana Kerthi ingin membangun kualitas masyarakat Bali dan sesuai juga dengan tujuan pembangunan nasional yang juga membangun kualitas SDM Indonesia demi menyongsong era 4.0,” jelasnya.

Mengenai pendirian pasraman ini yang sudah belasan tahun, dia sangat mengapresiasi langkah almarhum Ida Pedanda Made Gunung yang sudah konsen mendidik masyarakat Bali. “Sebelum visi Bali dan nasional untuk membangun kualitas hidup masyarakat, beliau sudah memulai terlebih dahulu. Tanpa lelah beliau memberikan pendidikan terutama di bidang agama agar pemahanan agama masyarakat meningkat, semangat seperti ini harus diteruskan,” lanjutnya.

Tak lupa dalam kesempatan tersebut Wagub Cok Ace menyampaikan apresiasi serta rasa terima kasih atas sumbangsih pasraman Yogadhiparamaguhya untuk pembangunan Bali. “Saya harap semangat seperti ini bisa terus dipertahankan, bahkan semakin banyak pasraman di Bali yang bertujuan memberikan pendidikan kepada masyarakat,” tandasnya sambil berpesan agar hubungan antara Siswa dan Guru tetap harmonis.

Sementara sebelumnya Ketua yayasan, Ida Bagus Purwita Suamem menjelaskan jika pasraman ini telah berdiri dari tanggal 1 Januari 2004 oleh almarhum Ida Pedanda Made Gunung yang juga merupakan ayahnya. Tujuannya adalah untuk memberikan pendidikan Agama Hindu kepada anak-anak sekitar griya.

Namun, dalam perkembangannya, semakin banyak anak-anak yang datang terutama di hari minggu untuk belajar. “Terutama anak-anak SD dan SMP yang letaknya tidak jauh dari griya ini,” jelasnya.

Mengingat siswa yang semakin banyak, maka dari pihak pengelola memutuskan agar pasraman ini dijadikan yayasan serta mempunyai AD/ART. “Saya harap dengan dikukuhkannya yayasan ini, pengelolaan pasraman bisa semakin profesional dan semakin baik melayani masyarakat,” imbuhnya.

Tak lupa dalam kesempatan tersebut dia juga menyampaikan terima kasih atas dukungan masyarakat beserta pemerintah dalam usaha yayasan mengajegkan Agama Hindu. “Saya berharap dengan support yang datang dari segala arah, maka motivasi masyarakat untuk belajar semakin meningkat,” tandasnya. Pada kesempatan tersebut, sesuai dengan surat keputusan pembina yayasan Yogadhiparamaguhya dengan nomor: 206/Y-PYB/VIII/2019, pengurus yayasan diketuai oleh Ida Bagus Purwita Suamem. *

Komentar