nusabali

KESEHATAN: Rempah, Perasa Makanan Tanpa Naikkan Bobot Badan

  • www.nusabali.com-kesehatan-rempah-perasa-makanan-tanpa-naikkan-bobot-badan

Banyak cara dilakukan untuk menurunkan berat badan. Termasuk mengonsumsi makanan tanpa rasa.

Mengandalkan rempah-rempah untuk memperkaya rasa makanan. Bahkan, berbagai studi menyatakan, beberapa jenis rempah dapat membantu menurunkan berat badan. Penelitian menunjukkan, jika tidak suka pada rasa makanan yang dikonsumsi, jauh lebih kecil kemungkinannya untuk tetap menjalankan diet. 

Rempah adalah cara terbaik untuk menambah rasa pada makanan, tanpa memberikan kalori ekstra, gula, sodium, atau bahan-bahan tak berguna lainnya. Apalagi, banyak bumbu dan rempah-rempah yang dapat meningkatkan metabolisme dan membantu tubuh membakar lemak dengan lebih cepat.

Berikut ketujuh jenis bumbu atau rempah tersebut:
1.    Kayu manis.
Kayu manis bermanfaat untuk menyeimbangkan gula darah, membantu mengekang nafsu makan, dan membuat perut kenyang lebih lama. Kayu manis juga bisa menjadi pengganti gula saat menikmati secangkir kopi atau teh, sehingga terhindar dari mengonsumsi kalori ekstra.

2.    Jinten.
Hanya satu sendok teh jinten perhari dapat membantu membakar lemak tubuh hingga tiga kali lipat lebih banyak, jika dibandingkan masakan tanpa jinten. Ini menurut studi terbaru yang dilakukan pada wanita kelebihan berat badan. Jinten bisa ditambahkan ke banyak masakan seperti sup, semur, tumisan, dan makanan yang dipanggang.

3.    Bawang putih.

Beberapa orang tidak menyukai bawang putih karena menurut mereka, bumbu yang satu ini membuat napas menjadi berbau tak sedap. Tapi, di luar itu, bawang putih membantu membakar lemak. Ada sebuah penelitian yang menemukan, tikus yang diberi makan bawang putih, dapat kehilangan berat badannya secara signifikan dalam waktu tujuh minggu.

4.    Kunyit.

Rempah berwarna kuning cerah ini dapat membantu tubuh membakar lemak, menurut sebuah studi 2009 dari Tufts University. Studi menemukan tikus yang diberi kurkumin, bahan aktif dalam kunyit, kehilangan lebih banyak lemak daripada tikus yang tidak makan kukurmin. Kurkumin dapat meningkatkan panas tubuh, yang pada gilirannya dapat meningkatkan metabolisme. Kunyit juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan lainnya, dari membantu melawan penyakit Alzheimer hingga membantu menjaga kestabilan hormon ketika masa menstruasi.

5.    Jahe.
Seperti kayu manis, jahe juga dapat membantu mengontrol lonjakan kadar gula darah setelah mengkonsumsi makanan bergula atau makanan berkarbohirat tinggi. Rempah ini juga bersifat termogenik, sehingga bisa membantu mempercepat proses pembakaran lemak, menurut Barbara Mendez, RPH, MS, ahli nutrisi di New York City.

6.    Lada hitam.
Seperti jahe, lada hitam juga bersifat termogenik. Lada hitam mampu memblokir pembentukan sel-sel lemak baru, kata Mendez. Alhasil, rempah yang satu ini juga bermanfaat untuk mencegah kenaikan berat badan.

7.    Cabai.

Seperti kunyit, cabai juga bersifat panas atau termogenik dan mempercepat metabolisme. Menambahkan rempah-rempah yang bersifat 'panas' ke dalam masakan dapat membantu Anda membakar hingga 100 kalori perporsi makanan, menurut ahli gizi Lauren Minchen, RD. *

Komentar