nusabali

PMI Kabupaten Buleleng Gelar Jumbara

Ciptakan Kader Tangguh dan Siaga

  • www.nusabali.com-pmi-kabupaten-buleleng-gelar-jumbara

Ratusan anggota Palang Perah Remaja (PMR) Madya (tingkat SMP) dan PMR Wira (tingkat SMA) mengikuti Jumpa Bhakti Gembira (Jumbara) selama empat hari di lapangan Desa Galungan, Kecamatan Sawan Buleleng.

SINGARAJA, NusaBali

Jumbara yang digelar setiap tahunnya selain melihat keterambilan kepalangmerahan generasi muda, juga upaya pembentukan kader-kader PMI muda yang tangguh dan siaga.

Seluruh rangkaian acara yang digelar dari tanggal 26-29 September itu ditutup dengan pembacaan hasil perlombaan di berbagai pos kegiatan. Hasilnya SMPN 1 Singaraja ditetapkan sebagai juara dengan label Teladan I PMR Madya dan SMAN 1 Singaraja sebagai teladan I tingkat PMR Wira. Kedua regu ini disebut panitia menurut keputusan dewan juri mendapatkan poin tertinggi dari sejumlah pos lomba yang dilaksanakan dari 16 regu PMR Madya dan 15 regu PMR Wira.

Sekretaris PMI Kabupaten Buleleng, Gede Sandiasa, usai penutupan Minggu (29/9) kemarin menjelaskan, pelatihan dan sejumlah kegiatan yang dilaksanakan itu merupakan upaya PMI Kabupaten Buleleng membentuk kader-kader muda melalui PMR yang dibentuk di masing-masing sekolah. Dari hasil evaluasi setiap tahunnya dia pun mengklaim hasil yang ditunjukkan, baik penguasaan materi dan tindakan langsung pertolongan pertama sangat dikuasi anak-anak. Hal itu pun disebutnya mencirikan pembinaan oleh guru pembina sudah maksimal.

“Dari kegiatan empat hari ini, rata-rata mereka sangat menguasai pos-pos kegiatan yang dilaksanakan, bahkan dewan juri juga kesulitan memberikan nilai karena perbedaannya tipis. Sebaran juaranya juga merata, jadi tidak ada sekolah yang mendominasi tetapi tetap harus dicari juara,” jelas Gede Sandiaasa.

Sementara itu sejumlah materi kegiatan yang dilombakan dan sebagai ajang evaluasi pembinaan di antaranya, Petolongan Pertama, Kepalangmerahan, Ayo Siaga Bencana, Remaja Sehat Peduli Sesama, Pendidikan Remaja Sebaya, Kepemimpinan, Donor Darah, Majalah Dinding, Paduan Suara, Perkemahan, Drama, Hasta Karya dan Dapur Umum. Selain Teladan I sebagai peringkat juara umum, dalam Jumbara IX 2019 juga ditetapkan Teladan II hingga V, termasuk Kontingen Favorit. Kategori kontingen favorit diraih oleh  PMR Madya SMP Negeri 2 Tejakula dan PMR Wira SMK Negeri 3 Singaraja serta Mading Like Terbanyak yang diraih PMR Madya SMP Negeri 4 Singaraja dan PMR Wira SMA Negeri 1 Singaraja. *k23

Komentar