nusabali

Ijogading Barat Pertahankan Gelar Juara Makepung Bupati Cup

  • www.nusabali.com-ijogading-barat-pertahankan-gelar-juara-makepung-bupati-cup

Event Makepung Bupati Cup 2019 digelar di Sirkuit Belatung Cina, Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, Jembrana, Minggu (22/9).

NEGARA, NusaBali

Dalam event di sirkuit wilayah Sekaa Ijogading Barat (Kecamatan Melaya dan Negara), itu tuan rumah berhasil keluar sebagai juara umum I. Kemenangan Sekaa Ijogading Barat itu sekaligus mempertahankan gelar juara umum I pada event Makepung Bupati Cup 2018, di Sirkuit Satya Jayanti, Desa Tuwed, Kecamatan Melaya, Jembrana, Minggu (5 Agustus 2018) lalu.

Makepung Bupati Cup 2019, Minggu kemarin dilepas oleh Bupati Jembrana I Putu Artha. Event kali ini diikuti sebanyak 240 pasang kerbau yang terbagi 137 pasang kerbau dari Ijogading Barat, dan 103 pasang kerbau dari Sekaa Ijogading Timur (Kecamatan Jembrana, Mendoyo, dan Pekutatan). Jalannya perlombaan makepung yang dibagi menjadi tiga Grup (A, B, dan C), itu berlangsung cukup sengit, dan sempat terjadi aksi saling kejar dari dua grup.

Dalam laga awal pada Grup C, pakepung dari Sekaa Ijogading Barat berhasil unggul dengan meraih 22 kemenangan, dan Sekaa Ijogading Timur hanya meraih 7 kemenangan. Di Grup B, Sekaa Ijo Gading Timur berhasil mendominasi dengan meraih 13 kemenangan, mengalahkan Sekaa Ijogading Barat yang hanya meraih 6 kemenangan. Namun memasuki laga pamungkas di Grup A yang diisi 10 pertandingan, Sekaa Ijogading Barat kembali berhasil mendominasi dengan mencatatkan 8 kemenangan, dan Sekaa Ijogading Timur hanya meraih 2 kemenangan.

Atas hasil kemenangan di dua grup dari tiga grup yang dipertandingan, itu  Sekaa Ijogading Barat keluar sebagai juara umum I, dan berhak atas hadiah trofi serta uang Rp 27 juta. Sedangkan Sekaa Ijogading Timur yang keluar sebagai juara umum II, berhak atas hadiah trofi serta uang Rp 22 juta. Selain hadiah juara umum, kedua sekaa juga mendapat hadiah trofi serta uang sebagai juara I dan juara II di masing-masing grup, serta hadiah untuk anggota sekaa yang dipilih menjadi juara favorit, dengan total hadiah uang keseluruhan sebesar Rp 100 juta.

Ketua Sekaa Makepung Ijogading Barat I Made Mara, mengakui gelar juara yang berhasil diraih Sekaa Ijogading Barat pada Makepung Bupati Cup 2019 ini, sekaligus mempertahankan gelar juara Ijogading Barat yang juga berhasil menang pada event Makepung Bupati Cup 2018 lalu. Targetnya, gelar juara ini juga bisa diraih pada event Makepung Jembrana Cup 2019 yang akan digelar akhir tahun nanti. Pada event Makepung Jembrana Cup 2018 lalu, Sekaa Ijogading Timur yang berhasil menang. “Nanti masih ada Makepung Jembrana Cup,” ujar Mara yang juga Koordinator Sekaa Makepung Kabupaten Jembrana.

Menurut Mara, event makepung di Sirkuit Belatung Cina, Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, Jembrana, Minggu kemarin, juga menjadi event makepung yang pertama kali digelar di Sirkuit Belatung Cina. Dari pengamatannya, Sirkuit Belatung Cina dengan panjang lintasan sekitar 1 kilometer, ini dinilai cukup memanjakan penonton. Dimana penonton bisa leluasa melihat jalannya pertandingan mulai dari garis start hingga finish, karena areal sekitar yang lapang di tengah-tengah areal persawahan.

Dari pengamatan Minggu kemarin, event Makepung Bupati Cup 2019 di Sirkuit Belatung Cina ini diramaikan ribuan masyarakat Jembrana. Juga tampak sejumlah wisatawan lokal serta manca negara. Seperti pasangan turis asal Jerman, Zaara dan Niece, yang tampak antusias menyaksikan perlombaan tradisional khas Jembrana ini. Zaara yang baru pertama kali berkunjung ke Jembrana, mengaku senang mendapat pengalaman menyaksikan makepung ini. “It’s my first time to Jembrana, and it was amazing experience (Ini kunjungan pertama kali saya ke Jembrana, dan ini pengalaman yang sangat luar biasa),” ucap Zaara yang juga sempat didaulat mewakili salah satu pemenang untuk menerima hadiah yang diserahkan oleh Sekda Jembrana I Made Sudiada. *ode

Komentar