nusabali

Bupati Suwirta Gelar Pimpin Temu Wirasa di Kecamatan Klungkung

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-gelar-pimpin-temu-wirasa-di-kecamatan-klungkung

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta kembali menggelar Temu Wirasa dengan tokoh masyarakat.

SEMARAPURA, NusaBali

Temu wirasa ketiga tahun ini dilaksanakan di Balai Banjar Sengguan, Kelurahan Semarapura Kangin, Kecamatan Klungkung, Klungkung, Selasa (17/9) pagi. Acara diawali dengan melaksanakan persembahyangan bersama di Pura Penataran Agung, Klungkung. Temu Wirasa merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menyerap aspirasi langsung dari masyarakat. Kegiatan ini juga untuk menggali saran maupun kritik terkait Program Pemkab Klungkung.

Kegiatan berlangsung tiga jam lebih. Bupati Suwirta memaparkan program visi dan misi  masa kepemimpinannya baik itu di bidang infrastruktur, SDM, kesehatan, pendidikan, sosial maupun program lainnya. "Program yang sudah berjalan maupun yang belum berjalan, mari bersama-sama gelorakan semangat untuk membangun Klungkung kedepan," ujarnya dihadapan peserta temu wirasa.

Di bidang sosial, Bupati Suwirta berharap kepada seluruh perbekel maupun bendesa nantinya bisa bersama-sama mengkawal dan membantu proses hibah bansos kepada masyarakat khususnya KK miskin agar bisa dipergunakan dengan sebaik-baiknya. Adapun program pemerintah yakni program interprenuer masuk desa ini juga sangat diharapkan bisa berjalan dengan baik. "Kumpulkan data masyarakat KK miskin baik yang permanen maupun yang tidak permanen agar mereka bisa mengikuti program ini dengan baik, langkah ini dilakukan agar nantinya bisa bermanfaat dan bisa menuntaskan masyarakat khususnya KK miskin, " ujar Bupati Suwirta.

Di bidang pendidikan, Bupati mengenalkan program pemerintah yakni Satu Desa Satu TK Nengeri. Bupati meminta agar guru di masing-masing sekolah selalu memberikan pendidikan karakter sejak dini kepada para siswa. Sarana dan prasarana di sekolah juga harus didata dengan baik. "Berikan mereka pendidikan karakter sejak dini, selalu ajarkan sopan santun dan beretika yang baik di dalam kehidupan sehari-hari," pintanya.

Di bidang kesehatan, data masyarakat yang belum mempunyai kartu JKN-KIS harus dikumpulkan dengan baik serta pelayanan di rumah sakit harus berjalan maksimal. Bupati juga meminta agar di masing-masing kelurahan maupun desa segera membuat perarem bahayanya dampak narkoba dan Kawasan Bebas Rokok (KTR). “Perda (KTR) harus diikuti dengan baik, Pemkab tidak melarang orang merokok tetapi menghimbau masyarakat agar mencintai kesehatan masing-masing dengan sebaik-baiknya,” Harapnya

Terkait di bidang Pertanian, program salah satu Pemkab yang sudah berjalan yakni Bima Juara harus bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat. "Manfaatkan program ini dengan sebaik-baiknya agar jangan program ini tidak berhenti sampai disini dan bisa kedepannya berjalan maksimal," sebutnya.

Di sekeliling Lingkungan Semarapura Kangin, jelas Bupati, harus ditata dengan baik, dari penataan tampilan kebun maupun kebersihan harus selalu dijaga. Selain itu, budaya gotong-royong di desa juga harus dijaga dengan baik. "Hal ini dilakukan bertujuan untuk mengantisipasi agar tidak terjadi dampak negatif dan bisa menjaga kerukunan pasemetonan masyarakat," harap Suwirta.

Dalam sesi tanya-jawab, salah satu penanya Wayan Runia menyampaikan masalah penerangan lampu jalan yang belum berjalan maksimal khususnya di Jalan Merapi sampai pertigaan tukad kali unda agar dinas terkait segera menindaklanjuti masalah tersebut. “Masalah penerangan jalan khususnya di jalan merapi sampai pertigaan tukad kali unda agar dinas terkait segera menindaklanjuti masalah tersebut,” ujar Wayan Runia.

Menanggapi hal ini, Bupati Suwirta langsung menugaskan dinas terkait untuk segara menindaklanjuti dan menangani lampu penerangan jalan dimaksud. "Segara invertarisir dan kaji dengan baik masukan masyarakat ini sesuaikan dengan anggaran yang sudah ditentukan," tegas Bupati Suwirta.

Hadir dalam acara itu, Ketua DPRD Klungkung Anak Agung Gede Anom, Wakil Ketua DPRD Klungkung Cokorda Gede Agung, Asisten Bidang Perekonomian dan Pemerintahan Kabupaten Klungkung Luh Ketut Ari Citrawati, Camat Klungkung Komang Gde Wisnuadi, jajaran Kepala Organisasi Perangkat Daerah serta tokoh masyarakat.*wan

Komentar