nusabali

Puri Nyalian Gelar Prani Royal Diner

Berkomitmen Kembangkan Wisata Desa

  • www.nusabali.com-puri-nyalian-gelar-prani-royal-diner

Puri Ageng Nyalian, Desa Nyalian, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung menggelar Prani Royal Diner di Pamedal Merajan Agung Puri Ageng setempat, Minggu (15/9) malam.

SEMARAPURA, NusaBali

Event ini serangkaian upaya pengembangan pariwisata desa. Kegiatan malam itu dihadiri Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, anggota DPRD Klungkung dari Desa Nyalian Sang Nyoman Putra Yasa, Camat Banjarangkan I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya,  Bendesa Nyalian Cokorda Brasika, para tokoh desa setempat, serta undangan terkait lainnya.

Bendesa Adat Nyalian Cokorda Brasika, yang sekaligus penggagas wisata desa tersebut, mengatakan acara ini tiada lain untuk memperkenalkan sekaligus mengembangkan potensi Desa Nyalian. Denga memperkenalkan objek wisata di Desa Nyalian agar desa ini menjadi wisata desa yang dipusatkan di Puri Ageng Nyalian. "Acara ini sebagai awal untuk memperkenalkan serta mengangkat potensi wisata di Desa Nyalian, dengan mengandeng Surga Argency. Desa Nyalian memiliki kekhasan atau penonjolan karakteristik alam maupun budayannya," ujar Cokorda Brasika.

Cokorda Brasika menegaskan dengan komitmen yang kuat, seluruh komponen desa menyamakan pendapat dan persepsi untuk mengangkat potensi desa guna dijadikan desa wisata. "Komitmen kuat yang kami miliki menjadikan dukungan terkuat bagi terwujudnya keberlangsungan desa wisata," imbuhnya.

Bupati Klungkung Nyoman Suwirta menjelaskan, pariwisata desa harus mampu mengkolaborasikan budaya dengan wisata alam dengan keindahannya. Dia menegaskan, membangun desa wisata tak seperti makan cabai yang bisa pedas mendadak. Menurutnya, semangat kuat untuk mengembangkan desa wisata jangan tidak hanya diawal saja, namun membutuhkan proses panjang. “Kejayaan Klungkung akan kembali asal kita bisa menggali, memanfaatkan, serta bisa mengembangkan dan memelihara,’’ ujarnya.

Kata Bupati, sebagai orang Klungkung wajib hukumnya untuk mengembalikan kejayaan budaya peradaban Bali kepada Klungkung. Menurutnya, semua orang Bali itu asal muasalnya dari Klungkung. Oleh karena itu, sangat tepat jika mau mengembangkan potensi yang ada di setiap desa di Klungkung. *wan

Komentar