nusabali

Perajin Gianyar Ikuti Pameran Kriyanusa Jakarta

  • www.nusabali.com-perajin-gianyar-ikuti-pameran-kriyanusa-jakarta

Perajin binaan Dekranasda Kabupaten Gianyar, perajin tenun tradisional Cap Menuh dan Arimasta Silver mengikuti Pameran Karya Nusantara (Kriyanusa) tahun 2019, selama lima hari, 11 – 15 September 2019 di Gedung Balai Kartini Jakarta.

GIANYAR, NusaBali

Pameran ini terkait dengan Rakernas Dekranas  2019  yang dilaksanakan sehari sebelumnya, Selasa (10/9) di Lantai 16 Gedung Serba Guna Jenderal AH Nasution Kementerian Pertahanan RI, Jakarta.

Pameran dibuka Ketua Umum Dekranas Mufidah Jusuf Kalla dan didampingi Megawati Sukarno Putri. “Sesuai dengan tema Rakernas tahun ini, bekerja dengan hati untuk memajukan kerajinan Indonesia. Kami akan selalu berupaya mendorong pelaku industri di Kab. Gianyar agar mampu bersaing dan mampu berperan dalam meningkatkan daya saing UMKM serta ekonomi kreatif melalui peningkatan kuantitas dan kualitas produk,” kata Ketua Dekranasda Kabupaten Gianyar Ny Surya Adnyani Mahayastra, Jumat (13/9).

Ny Adnyani Mahayastra menambahkan, pada Rakernas tersebut Ketua Umum Dekranas, Ny Mufida Jusut Kalla juga menegaskan makna dari tema bekerja dengan hati untuk memajukan kerajinan Indonesia, mengandung makna yaitu bertekad, bekerja keras, ikhlas tanpa pamrih untuk memajukan produk kerajinan guna memenangkan persaingan di pasar global. Industri kerajinan tumbuh sangat bervariasi dari skala mikro kecil sampai skala menengah dengan berbagai kendala yang ada seperti pemasaran, permodalan dan teknik produksi. Disinilah peran Dekranas dan Dekranasda sangat diperlukan terutama dalam peningkatan kompetensi sumber daya manusia, serta program pembinaan yang tepat sehingga pada gilirannya dapat menghasilkan produk kerajinan yang kreatif, berkualitas dan berbasis tradisi dan budaya yang mampu menguasai pasar dalam negeri dan internasional.

Menyikapi pernyataan dari Ketua Umum Dekranas, menurut Ny Adnyani Mahayastra berbagai upaya telah dilakukan dalam upaya meningkatkan kualitas perajin di Kabupaten Gianyar. Rakernas ini juga menurut Ny Adnyani Mahayastra sebagai suatu upaya menambah wawasan bagi Dekranasda Kabupaten Gianyar dalam upaya membina usaha kecil menengah (UMKM) para perajin. Sehingga produk kerajinan yang dihasilkan lebih berkualitas, memiliki nilai tambah, dan dapat bersaing di pasar nasional maupun internasional. Karena pada dasarnya produk hasil perajin di daerah memiliki manfaat dalam upaya melestarikan warisan budaya kita sesuai kearifan lokal, yang dapat menumbuhkan kegiatan ekonomi kerakyatan. “Dalam pameran Kryanusa ini selain kami memfasilitasi perajin mempromosikan dan memasarkan hasil kerajinan, kita juga berpartisipasi dalam acara fashion show dengan menampilkan gaun malam rancangan  desainer muda binaan Deranasda  Kadek Wira Dika Saskara,” imbuh Ny Adnyani Mahayastra bangga.

Tak lupa Ny Adnyani Mahayastra mengucapkan rasa bangga, karena pada pembukaan pameran Kriyanusa, stand Dekranasda kabupaten Gianyar dikunjungi oleh Ibu Negara Ny Iriana Joko Widodo didampingi Ketua Umum Dekranas Ny Mufidah Jusuf Kalla, serta beberapa pejabat negara lainya.*nvi

Komentar